Sabtu, 04 Mei 2013

Pengobatan asam urat

Obat-obatan yang digunakan dokter untuk mengobati asam urat  diantaranya adalah:


Obat anti-inflammatory Nonsteroid / Nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs)

Kortikosteroid, seperti prednison



Colchicine, memiliki efektivitas paling baik bila diberikan dalam 12 jam pertama dari serangan gout akut. Kadang-kadang dokter meresepkan NSAIDs atau colchicine dalam dosis yang kecil sebagai dosis harian untuk mencegah serangan berikutnya. Selain itu, mereka juga memberikan obat untuk  menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Seperti kebanyakan penyakit, pengobatan yang efektif dari gout tergantung pada diagnosis yang tepat. Gout atau asam urat tinggi dapat didiagnosis dengan lebih tepat dengan pemeriksaan kadar kristal asam urat dalam cairan sinovial. Tapi perawatan yang tepat baru dimulai ketika diagnosis "klinis" berdasarkan tanda-tanda yang menyakitkan dan gejala yang jelas serta faktor-faktor yang relevan lainnya, seperti tingkat urat asam, usia pasien, berat badan, jenis kelamin, diet, dan konsumsi alkohol. Jika tanda-tanda ini memperkuat kecurigaan yang kuat ke arah gout, pengobatan bisa dimulai dengan tujuan untuk segera menangkal serangan akut.

Arthritis gout akut dapat diobati dengan obat yang menghambat respons inflamasi. Salah satu zat tertua yang dikenal sangat efektif melawan gout akut adalah colchicine, yang berasal dari Eropa, dan kemudian beredar di negara ini terutama sebagai obat generik. Seorang pendeta Inggris Sydney Smith mengatakan bahwa satu setengah abad yang lalu, ia pergi ke taman dan berdiri dengan kaki sakit karena gout, mencari tanaman agar segera mendapatkan pengobatan. Ini mungkin berlebihan, tapi respon yang cepat dari colchicine hanya terjadi pada pasien memang benar-benar mengalami gout.

Kuno, terapi /obat yang kuat ini jarang digunakan pada saat ini dibandingkan dengan mereka di zaman dulu, karena sangat beracun, menyebabkan mual, muntah, diare dan kram perut dan  kelainan darah yang parah jika diberikan secara intravena. Selain itu, bahan modern, terutama obat antiinflamasi non-steroid (NSAID) sangat efektif untuk gout akut dan tidak terlalu toksik dibandingkan colchicine. Untuk pengobatan gout akut, pilihan pertama yang banyak dipakai oleh dokter adalah Indocin (merek lain dari indometasin). Naprosyn (naproxen) juga NSAID lain yang biasa digunakan dalam gout akut.

Obat steroid seperti Deltasone (merek lain dari prednison) dan Acthar (merek lain dari hormon adrenokortikotropik), dapat digunakan jika NSAID gagal untuk mengontrol serangan akut. Steroid dapat diberikan secara oral atau disuntikkan ke dalam pembuluh darah atau otot.

Obat-obatan ini biasanya mengurangi gejala arthritis gout akut dalam waktu 48 jam. Pengobatan selanjutnya, yang mungkin berlangsung seumur hidup, bertujuan untuk mencegah serangan lebih lanjut dengan mengontrol kadar asam urat dalam darah - menjaga konsentrasinya tetap lebih rendah agar tidak  membentuk kristal.

Dua pendekatan terapi utama yang digunakan dalam beberapa kasus secara bersamaan.

Satu pendekatan tersebut adalah dengan menghambat produksi asam urat oleh tubuh. Zyloprim (allopurinol) telah disetujui untuk pengobatan asam urat dan sering diresepkan untuk pasien gout dengan batu ginjal atau masalah ginjal lainnya. Efek samping yang sering terjadi meliputi ruam kulit dan gangguan lambung, yang biasanya mereda setelah tubuh terbiasa mendapat obat tersebut. Zyloprim menyebabkan pasien mengantuk, sehingga mereka harus berhati-hati saat mengemudi atau menjalankan mesin.

Pendekatan lain adalah pengendalian gout setelah serangan awal yang akut, yaitu untuk meningkatkan jumlah ekskresi asam urat dalam urin. Pendekatan yang kedua ini dengan menggunakan obat uricosuric, antara lain Benemid (probenesid) dan Anturane (sulfinpyrazone), keduanya telah disetujui oleh FDA untuk pengobatan asam urat. Selain mengurangi kadar asam urat, obat ini juga membantu melarutkan endapan kristal asam urat di sekitar sendi dan jaringan lain. Uricosurics dapat menyebabkan mual, sakit perut, sakit kepala, dan ruam kulit yang serius.

Obat untuk mengontrol kadar asam urat bisa memperlama frekuensi serangan akut. Untuk alasan ini, Benemid, Anturane dan Zyloprim tidak digunakan selama tahap akut gout. Obat-obatan ini, dapat menyebabkan serangan gout hebat pada saat sesi pertama dari penggunaan jangka panjang. Untuk menghidari hal ini, colchicine diberikan dalam dosis cukup rendah untuk menghindari efek toksik,  untuk mencegah episode akut selama fase pengobatan.

Laporan: Majalah FDA konsumen


Artikel terkait Penyakit :
  1. Penyakit hati karena virus atau hepatitis virus
  2. Penyakit herpes zoster
  3. Penyakit herpes simpleks
  4. Tifus Abdominalis / Tipes
  5. Pengobatan dan perawatan diabetes mellitus
  6. Diabetes Type 2
  7. Diabetes Type 1
  8. Definisi diabetes
  9. Penyakit MERS atau Middle East Respiratory Syndrome
  10. Obat untuk MERS
  11. Herbal untuk tekanan darah tinggi / hipertensi
  12. Pengobatan asam urat
  13. Pencegahan penyakit jantung koroner
  14. Pengobatan Penyakit Jantung Koroner
  15. Gejala-gejala penyakit jantung koroner
  16. Gejala-gejala utama dari penyakit jantung
  17. Penyakit jantung koroner
  18. Mengenal Tanda-tanda Awal Kanker Serviks








Posting Komentar