Selasa, 21 Mei 2013

Keajaiban cokelat hitam

Keajaiban cokelat hitam - Apa manfaatnya bagi kesehatan kita


Sedikit cokelat sehari dapat mengurangi kemungkinan terkena serangan stroke yang sepertinya saat ini sedang mewabah. Hal ini menurut penelitian di Australia yang dilakukan oleh Monash University di Melbourne.

manfaat-coklat-hitam
Coklat hitam
Penelitian ini dilakukan terhadap 2.013 warga Australia dan hasilnya dipublikasikan dalam British Medical Journal, mengungkapkan manfaat yang signifikan dalam mencegah serangan jantung dengan makan cokelat  hitam yang mengandung kokoa yang tinggi.

Cokelat kaya akan polifenol, yaitu antioksidan alami yang kuat, yang dapat menurunkan stres dan mengurangi risiko penyakit jantung, kanker dan penyakit kronis lainnya.

Mengkonsumsi 100 gram cokelat hitam setiap hari yang mengandung setidaknya 70% kakao, dapat  mencegah 70 kasus serangan jantung yang fatal dan 15 kasus serangan jantung non-fatal pada 10.000 orang!

Ella Zomer, kepala penelitian tersebut menyatakan bahwa "Temuan ini menunjukkan bahwa coklat hitam mungkin bisa menjadi alternatif atau suplemen untuk pengobatan pada orang-orang  dengan risiko penyakit kardiovaskular."

Beberapa manfaat lain dari cokelat hitam


 


Mencegah penuaan dini : Dark chocolate atau coklat hitam mengandung antioksidan yang dapat menekan aksi berbahaya dari radikal bebas atau mencegah akibat yang mereka timbulkan, baik dengan cara menghancurkan, menonaktifkan atau mencegah reaksi oksidatif berantai.

Mencegah kanker: Universitas Georgetown, dalam survei yang mereka lakukan, menemukan zat procyanidins kakao dalam coklat dan meneliti aktifitasnya pada biakan sel kanker payudara. Laporan penyelidikan tersebut menyimpulkan bahwa procyanidins menghentikan proliferasi sel kanker.

Efek antitusif: Para peneliti di Imperial College London menyatakan bahwa colat hitam memiliki aktifitas theobromine dalam menekan batuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa theobromine adalah 30% efektif terhadap batuk yang terus-menerus, bahkan lebih baik dibandingkan dengan  kodein yang selama ini dianggap sebagai obat antitusif yang baik tanpa efek samping.

Umur panjang: Beberapa temuan survei menyebutkan bahwa konsumen cokelat hitam memiliki harapan hidup satu tahun lebih lama daripada non-konsumen, dan dikatakan bahwa ini disebabkan oleh adanya polifenol dan beberapa antioksidan yang terkandung dalam cokelat. Dalam hal ini, penyelidikan lebih lanjut masih dilakukan.

Tidak adiktif: Penelitian yang dilakukan di New York menunjukkan bahwa coklat hitam tidak menyebabkan kecanduan bagi para konsumennya.

Manfaatnya bagi  penderita diabetes: Penelitian ilmuwan di Universitas Hull, yang diterbitkan dalam jurnal medis spesialis untuk diabetes "Diabetes Medicine", menemukan bahwa kadar kolesterol total pada penderita diabetes yang diberi cokelat hitam selama 16 minggu turun hingga  ke jumlah yang kecil sementara kolesterol baiknya meningkat.

Menurunkan tekanan darah: Menurut penelitian oleh Boston University menunjukkan bahwa  cokelat hitam dapat menurunkan kolesterol buruk (LDL), memperbaiki kondisi pembuluh darah dan  meningkatkan sensitivitas sel- sel tubuh terhadap insulin.

Mungkin Anda perlu untuk memikirkan kembali jika anda telah mengatakan tidak pada ... cokelat hitam!

Baca juga :






Posting Komentar