Senin, 08 Juli 2013

Manfaat bawang putih untuk kesehatan

Bawang putih yang terlupakan

Bawang putih merupakan salah satu tanaman obat tertua di dunia. Manfaatnya banyak dikaitkan dengan upaya untuk memerangi penyakit jantung, mengurangi tekanan tinggi dan melawan pilek! Jadi berhentilah minum obat dan konsumsilah bawang putih!

manfaat-bawang-putih
Khasiat dari bawang putih untuk penyembuhan bukanlah hal yang baru. Ada beberapa teks dalam bahasa Sansekerta menyebutkan manfaatnya,  dan telah digunakan di India sejak 5000 tahun yang lalu.

Orang Cina juga telah menggunakan bawang putih sebagai obat selama lebih dari 3000 tahun yang lalu! Alexander Fleming pada tahun 1928 memang menemukan obat yang terkenal hingga sekarang yaitu penisilin, akan tetapi bawang putih tetap menempati urutan pertama dalam hal pengobatan kuno!

Tidak mengherankan jika dalam Perang Dunia Pertama, para dokter "pasukan Sekutu" menganjurkan pada tiap-tiap prajurit untuk mengkonsumsi satu siung bawang putih setiap hari.
Para dokter tersebut bahkan memaksa mereka untuk menelan bawang putih  seperti menelan pil! Hal ini tentunya  tanpa alasan. Para dokter tersebut pastinya  tahu kekuatan yang berharga dari bawang putih dalam bidang farmasi.

Bawang putih, hanya memberi  kebaikan, lain tidak!

Banyak penelitian modern memfokuskan penelitian mereka pada khasiat  bawang putih dalam  menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Dan melindungi tubuh terhadap stroke dan penyakit jantung.
 


Para ilmuwan baru-baru ini menemukan bahwa bawang putih dapat mencegah penggumpalan di pembuluh darah!

Konsumsi rutin bawang putih, ditegaskan oleh para  ilmuwan, sama saja dengan  menciptakan sebuah "jubah" perlindungan terhadap kuman dan virus!
Aktivitas antibakteri pada bawang putih ditemukan pada awal abad ke-19 pada saat terjadi wabah penyakit menular di Inggris.

Para peneliti juga menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi bawang putih secara teratur, jika mereka jatuh sakit, mereka  akan dapat pulih jauh lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi!

Satu siung bawang putih tiap hari dapat memenuhi  kebutuhan tubuh kita akan  vitamin A, B, C, dan berbagai mineral seperti magnesium, selenium, yodium, kalium, zat besi, kalsium dan seng.

Sebaliknya, bawang putih dapat menyebabkan beberapa perasaan tidak enak di perut seperti mulas dan  kembung. Oleh karena itu, pabrik farmasi telah membuat  suplemen bawang putih dalam bentuk  tablet ,sehingga Anda tak perlu repot-repot untuk  menghindari bau yang kuat darinya!

Bawang putih dan memasak

Berkaitan dengan memasak, sebaiknya anda tidak  merebus atau memasaknya terlalu lama, karena akan dapat menghilangan kandungan yang berharga tersebut. Tambahkan bawang putih sesuai yang Anda inginkan lima menit sebelum anda mengambil masakan anda  dari kompor!
Meskipun memiliki bau yang menyengat, bawang putih tetap merupakan  obat yang berharga. Dan jika kita memasukkannya ke dalam makanan kita setiap hari, tubuh kita  akan selalu memiliki sistem pertahanan yang lebih kuat!


Baca juga :






Posting Komentar