Sabtu, 16 Februari 2013

Manggis si super antioksidan

Berbagai manfaat dari buah manggis

Awalnya, (Garciana mangostana) dikonsumsi karena rasa daging buahnya yang manis , lezat dan segar. Tapi akhir-akhir ini, terungkap bahwa biji dan kulit manggis memiliki kandungan anti oksidan yang sangat kuat dan baik, yang berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Manfaat buah manggis
Buah Manggis
Sebagai tanaman yang memiliki khasiat sebagai obat, kulit manggis mengandung zat antioksidan yang dikenal dengan xanthone, yang menjadi kunci utama dalam pencegahan dan pengobatan berbagai jenis penyakit. Halini dinyatakan oleh Dr.  Sam Walters, seorang Masres di bidang science dan Biology yang memperkuat hasil penelitian yang telah dilakukan oleh badan-badan pengobatan dunia, yang menunjukkan bahwa buah manggis secara langsung dapat mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit ringan maupun berat.
  • Penyakit Degeneratif : Buah manggis berkhasiat dalam mengatasi berbagai penyakit degeneratif seperti diabetes, kadar kolesterol tinggi, stroke, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung koroner. Buah manggis dipercaya dapat memulihkan kembali elastisitas pembuluh darah melalui antimikroba dan antioksidan yang terkandung dalam buah manggis. Dengan jantung dan pembuluh darah menjadi kuat dan sehat, maka resiko terkena serangan jantung termasuk penyakit jantung koroner menjadi berkurang.
  • Buah manggis juga bisa memperlambat proses penuaan dini. Sebagai antioksidan, Xanthone yang terdapat dalam buah manggis  dapat menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel-sel tubuh,  sehingga dapat memperlambat proses degenerasi sel-sel tubuh.Penderita Alzheimer dan Parkinson yang mengalami kerusakan pada SSP atau susunan syaraf pusat juga dianjurkan untuk mengkonsumsi buah manggis  untuk mencegah penurunan fungsi dan kemampuan mental. Selain itu, ekstrak buah manggis juga dapat mengatasi gangguan pada penglihatan seperti glukoma dan katarak.
  •  


  • Sebagai anti kanker : Khasiat Xanthone tidak hanya sebagai antioksidan, tetapi juga sebagai zat anti kanker. Menurut Dr. Berna Elya,seorang peneliti di Departemen Farmasi, UI, kulit manggis bersifat anti-proliferasi yang bekerja menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dan juga bersifat apoptosis, penghasil sel kanker, seperti kanker usus, kanker hati, kanker paru, kanker darah dan yang lainnya.
  • Anti Bakteri: Pertambahan usia secara alamiah akan kadar zat asam di dalam lambung, yang salah satu fungsinya adalah untuk membunuh bakteri yang masuk kedalam sistem pencernaan. Kondisi ini dapat membuat bakteri lebih mudah untuk tumbuh dan berkembang biak, sehingga menimbulkan barbagai gangguan di dalam sistem pencernaan seperti diare, kelebihan gas, dan menurunkan kekmapuan usus dalam menyerap zat makanan.Zat Xanthone dalam buah manggis mampu mengatasi kelebihan bakteri dan menyeimbangkan kembali kinerja usus.
  • Gangguan pernafasan : Asma termasuk penyakit mematikan yang sulit disembuhkan karena berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh. Xanthone dalam ekstrak kulit manggis dapat menjadi obat alternatif untuk menyembuhkannya, paling tidak untuk mengurangi frekwensi kambuh, karena sifat dari anti bakteri dan mengandung zat-zat yang dapat mengurangi reaksi alergi.
  • Mengatasi batu ginjal : Buah manggis juga dapat mencegah timbulnya batu ginjal. Para pria yang sering mengalami penyakit  ini dianjurkan untuk mengkonsumsi buah manggis sebanyak 3 ons per hari. Cara kerja dari buah manggis ini adalah dapat membuat mereka sering kencing sehingga dapat mencegah terbentuknya batu ginjal.
  • Memulihkan stamina : Buah manggis juga mampu untuk memulihkan stamina dan menambah energi pada saat bekerja keras.
  • Menghilangkan rasa sakit : Seorang dokter di AS mengaku bahwa ia mengganti obat-obat penghilang rasa sakit dengan mengkonsi buah manggis secara teratur.
Pohon manggis ditemukan pertama kali oleh Cook, seorang Belanda yang tinggal di Indonesia pada tahun 1770. Pohon manggis tumbuh subur di hutan  tropis dan pegunungan di Indonesia dan Malaysia. Tingginya bisa mencapai 20 sampai 25 meter. Di Indonesia buah manggis mempunyai banyak nama lokal, seperti Manggu (Jawa Barat), Manggus (Lampung), Manggusto (Sulawesi Utara), dan Manggista ( Sumatera Barat).

Buah manggis dikenal sebagai raja segala buah, queen of fruits, karena khasiatnya dalam mengatasi berbagai penyakit. Namun anda harus bersabar. Buah manggis baru berbuah setelah berusia 10 tahun atau lebih.

Baca juga :






Posting Komentar