Selasa, 25 Maret 2014

Makanan untuk kesuburan_2


Makanan yang harus dihindari untuk kesuburan



Ada beberapa makanan yang bisa mengurangi kemungkinan untuk kehamilan, seperti sebagian besar jenis ikan yang mengandung merkuri yang cukup tinggi. Kandungan logam di dalam ikan yang tercemar berkaitan erat dengan infertilitas (ketidak suburan)- dan berbahaya bagi janin.

Ikan yang biasanya terkontaminasi dengan merkuri adalah ikan todak, tuna, mackerel besar, dogfish, dan kerang.

Selain itu, Anda juga harus menghindari minyak terhidrogenasi (atau lemak trans), yang biasanya terdapat dalam olahan dan makanan yang digoreng, seperti makanan ringan (chip, keripik, donat, dll).

Tips ekstra
  • Kurangi konsumsi sereal yang diproses dan makanan bertepung lainnya dan gula, terutama jika Anda telah didiagnosis dengan Sindrom ovarium polikistik / Polycystic Ovarian Syndrome.
  • Direkomendasikan untuk memantau berat badan Anda. Ketika tubuh seseorang menyimpan sedikit lemak, tubuh akan secara otomatis mengurangi tingkat kesuburan untuk menghindari kemungkinan terjadinya pembuahan di dalam tubuh, yang mana tubuh dianggap tidak memiliki kekuatan yang cukup untuk kehamilan dan untuk memberi makan bayi. Sebaliknya, berat badan yang berlebihan dapat meningkatkan resistensi insulin dan seringkali dapat mendorong timbulnya Sindrom Ovarium Polikistik dan gangguan endokrin lainnya.
  • Konsumsi alkohol dan kafein yang berlebihan bisa mengurangi kesuburan pada wanita, sedangkan konsumsi anggur dalam jumlah sedang mungkin memiliki efek yang menguntungkan bagi kesuburan.
  • Aktivitas fisik, khususnya yang sedang hingga berat, terbukti mampu mengurangi risiko infertilitas atau dengan kata lain meningkatkan kesuburan.
  • Hal penting lainnya adalah mengkonsumsi Asam folat yang cukup sebelum kehamilan, karena sistem saraf bayi Anda akan terbentuk hanya tiga sampai empat minggu setelah pembuahan, pada saat dimana kebanyakan wanita belum menyadari bahwa dia hamil.
  • Kekurangan B12 juga mungkin bisa menyebabkan cacat pada sistem saraf. Untuk itu, asupan vitamin B12 sangat diperlukan terutama dari makanan hewani, wanita yang jarang makan daging atau mengikuti diet vegetarian atau vegan yang ketat harus mengkonsumsi suplemen multivitamin yang mampu mencukupi kebutuhan B12 harian yang direkomendasikan yaitu 2,4 mikrogram.
  • Minum banyak air.

Untuk pria
    makan-untuk-kesuburan-2
  • Beberapa hal yang mempengaruhi kualitas sperma adalah berat badan, keseimbangan diet dan alkohol. Konsumsi alkohol  yang berlebihan bisa mempengaruhi kualitas sperma karena mereka seringkali mengkonsumsi makanan yang rendah nutrisi. Batasi konsumsi alkohol hanya dua kali minum per hari (1 kali minum sama dengan sekitar 330 ml bir, 150 ml anggur atau 40 ml minuman yang lebih keras seperti vodka, wiski, dll).
  • Pilih setidaknya lima porsi makanan dari produk gandum setiap hari dan batasi konsumsi daging merah.
  • Pilihlah makanan yang rendah lemak seperti ikan, ayam dan kalkun. Ikan berlemak seperti salmon, mackerel, sarden, dll mengandung lemak omega-3, yang baik pada kesehatan sperma. Batasi lemak jenuh dari makanan Anda, seperti makanan yang terkandung dalam produk hewani seperti daging merah, produk susu tinggi lemak, makanan yang digoreng, dll.
  • Olah raga baik untuk kesuburan dan kesehatan Anda secara umum. Olah raga mampu meningkatkan kadar testosteron dan ini baik untuk kesuburan.
  • Merokok mengurangi jumlah dan motilitas / kegesitan sperma, sementara narkoba bisa mengurangi jumlah dan mempengaruhi morfologi. Selain itu, merokok dapat menurunkan kadar vitamin C dan E dalam darah.
  • Faktor-faktor lain yang mempengaruhi jumlah sperma adalah: stres, kokain, amfetamin, sauna, kamar mandi dengan air panas, steroid dan suplemen testosteron, beberapa jenis obat, kemoterapi, demam, polusi udara, pakaian ketat, usia dll.
  • Makanan terbaik untuk kesuburan (baik pada perempuan maupun laki-laki) adalah makanan yang kaya akan mineral seperti zinc dan selenium, yang penting untuk motilitas sperma dan kemampuan sel-sel sperma untuk menembus sel telur dan bertukar materi genetik. Seafood, daging merah tanpa lemak dan biji-bijian merupakan sumber yang baik dari seng, sementara kacang, udang, ikan dan roti gandumakaya akan selenium.
  • Hindari stres karena stres merupakan musuh terbesar dari kesuburan. Meminum teh bunga chamomile dalam jumlah moderat tampaknya cukup baik menurunkan stres, yang biasanya meningkat secara dramatis ketika seseorang menghadapi masalah kesuburan.
  • Pilihlah sayuran, buah-buahan, daging dan ayam organik. Dengan demikian Anda bisa menghindari pestisida dan herbisida yang berbahaya, yang besar kemungkinan memiliki efek negatif pada kesuburan (baik perempuan maupun laki-laki).
Sebelumya :
Makanan untuk meningkatkan kesuburan bag. 1

Tidak ada komentar :