Jumat, 07 Februari 2014

Susu Kedelai: Manfaat Kesehatan

Susu Kedelai untuk menurunkan tekanan darah


Kedelai tidak hanya berkontribusi pada keindahan penampilan dan kesehatan tubuh kita saja, karena menurut sebuah studi terbaru, protein dalam susu kedelai dapat mengurangi tekanan darah pada pasien hipertensi.

 
Hampir 75 juta orang Amerika memiliki tekanan darah tinggi, yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, gagal jantung dan kerusakan ginjal.

Para peneliti telah mengevaluasi efek dari protein dan karbohidrat dalam susu kedelai pada 352 orang dewasa yang menderita hipertensi, baik pra-hipertensi maupun hipertensi tahap awal, dengan tekanan darah berkisar 120-159 mmHg dan tekanan darah diastolik 80-95 mmHg.

Setiap relawan menerima 40 gram suplemen susu kedelai setiap hari selama delapan minggu. Tim peneliti mengevaluasi dan membandingkan tekanan darah dari para peserta dari awal sampai akhir penelitian dan hasilnya cukup menggembirakan.

Dr. Xe Jiang, ketua epidemiologi di Tulane University School of Public Health dan Tropical Medicine di New Orleans, mengatakan bahwa manfaat susu kedelai tersebut dapat diterapkan pada masyarakat umum untuk mengurangi jumlah kasus stroke dan masalah kardiovaskular lainnya.

Dia menambahkan: "Dalam studi tersebut kami menemukan bahwa selama delapan minggu penelitian, protein kedelai dianggap dapat menurunkan tekanan darah sistolik sebesar  2 mm mmHg. Protein dari susu kedelai ini mungkin merupakan komponen penting untuk pencegahan dan pengobatan terhadap hipertensi. Ini memang hanya angka yang tidak terlalu besar, namun penting untuk keseluruhan penelitian. "

Para ahli memperkirakan bahwa penemuan ini akan dapat menurunkan kasus stroke sebanyak 6% dari total populasi.

Mereka juga percaya bahwa penelitian ini (yang merupakan penelitian yang pertama) akan membantu penelitian-penelitian selanjutnya di masa depan  untuk menemukan beberapa manfaat lain dari protein dalam susu kedelai untuk menurunkan tekanan darah.


Tidak ada komentar :