Rabu, 22 November 2023

Kode ICD 10 Flu burung atau avian infliuenza

 Avian influenza atau flu burung adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus avian influenza (flu) Tipe A. 

Virus ini secara alami menyebar di antara burung perairan liar di seluruh dunia dan dapat menginfeksi unggas peliharaan serta spesies burung dan hewan lainnya. Virus flu burung biasanya tidak menginfeksi manusia. Namun, infeksi virus flu burung pada manusia secara sporadis telah terjadi. Tautan di bawah ini menawarkan informasi lebih lanjut tentang flu burung.

Burung air liar antara lain seperti unggas air seperti bebek, angsa, angsa, burung camar, dan burung laut, juga burung pantai seperti bangau, dan burung kicau. Burung air liar, terutama bebek  dianggap sebagai reservoir (inang) virus avian influenza A. Burung air liar biasanya terinfeksi virus avian influenza A yang menyerang pada bagian usus dan saluran pernafasannya. Virus avian influenza A sangat menular pada burung, dan beberapa virus ini dapat membuat mereka sakit dan bahkan mati pada beberapa spesies burung peliharaan tertentu, termasuk ayam, bebek, dan kalkun.

Burung yang terinfeksi dapat menyebarkan virus avian influenza A melalui air liur, sekret hidung, dan fesesnya. Unggas yang rentan akan tertular ketika mereka bersentuhan dengan virus yang ditularkan oleh unggas yang terinfeksi. Mereka juga dapat tertular melalui kontak dengan permukaan yang terkontaminasi virus dari unggas yang terinfeksi.

Kode ICD 10 Flu burung atau avian infliuenza

English

J09-Influenza due to identified avian infliuenza virus

Bahasa Indonesia

J09-Influenza karena virus avian infliuenza yang teridentifikasi

Tidak ada komentar :