Rabu, 14 Februari 2018

Manfaat kesehatan dan risiko minum kopi

Kopi dan manfaatnya bagi kesehatan


Secangkir kopi di pagi hari tidak hanya memberikan sekedar dorongan energi. Tetapi juga beberapa manfaat kesehatan, kata beberapa peneliti. Termasuk didalamnya membantu mencegah diabetes dan menurunkan risiko penyakit hati.

Kopi merupakan salah satu minuman paling populer di dunia. Tapi apakah itu benar-benar menyehatkan, atau ada juga risikonya?

Manfaat kopi

Beberapa manfaat kesehatan yang terkait dengan minum kopi meliputi melindungi terhadap diabetes tipe 2, penyakit Parkinson, penyakit hati, kanker hati, dan menjaga kesehatan jantung.






1) Kopi dan diabetes
Kopi dapat membantu mencegah penyakit diabetes tipe 2. Periset di UCLA mengatakan bahwa minum kopi meningkatkan kadar protein globulin pengikat hormon seks (SHBG). SHBG mengendalikan aktivitas biologis hormon seks tubuh (testosteron dan estrogen) yang berperan dalam pengembangan diabetes tipe 2.

Dr. Simin Liu, salah satu penulis dalam penelitian ini, mengatakan bahwa ada "hubungan terbalik" antara konsumsi kopi dan risiko diabetes tipe 2.

Konsumsi kopi yang meningkat dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 - peneliti Harvard School of Public Health (HSPH) mengumpulkan data dari tiga penelitian. Dalam penelitian ini, diet atau pola makan para sukarelawan dievaluasi dengan menggunakan kuesioner setiap 4 tahun, dan sukarelawan yang memiliki diabetes tipe 2 mengisi kuesioner tambahan. Secara keseluruhan, 7.269 sukarelawan menderita diabetes tipe 2.

Para periset menemukan bahwa peserta yang meningkatkan asupan kopi lebih dari satu cangkir sehari (rata-rata, peningkatan 1,69 cangkir per hari) selama periode 4 tahun memiliki risiko diabetes tipe 2 lebih rendah 11% selama 4 tahun berikutnya. , dibandingkan dengan orang yang tidak mengubah asupannya.








Kopi dan penyakit Parkinson
Baca Lebih lanjut >>>

Tidak ada komentar :