Nama saya Siswanto namun saya dipanggil Pakde Chon . Ini adalah beranda saya: Saya tinggal di Madiun, dan bekerja sebagai Perawat di Puskesmas ACME Corp .

Minggu, 13 November 2016

Inilah Beberapa Manfaat Gizi dari Bengkuang yang Sangat Mengesankan

Bengkuang, akar atau umbi yang masih termasuk sayuran, banyak digunakan sebagai bahan utama dalam berbagai hidangan. Selain digunakan sebagai bahan kuliner, sayuran ini juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Berikut ini adalah informasi mengenai nilai gizi yang terkandung dalam bengkuang.

Bengkuang adalah sayuran manis, yang masuk dalam genus Pachyrhizus dan keluarga Fabaceae. Bengkuang adalah anggota dari keluarga kentang, dan umumnya dibudidayakan di Amerika Latin, biasanya di Meksiko dan Amerika Tengah. Juga dikenal sebagai kentang Meksiko atau Mexican yambean). Bengkuang memiliki rasa yang manis seperti buah, dan memiliki tekstur sedikit renyah, berkulit cokelat, berbentuk bulat, seperti lobak, dengan ekor, dan daging berwarna putih mulus. Oleh karena itu, terkadang sayuran ini tampak seperti persilangan antara kentang dan lobak.




Bengkuang dapat baik dikonsumsi dalam keadaan mentah atau dimasak. Dalam bentuk mentah, ia memiliki rasa mirip dengan buah pir atau apel, namun harus dikupas sebelum mengkonsumsi.   kulitnya agak tebal, keras, dan berisi racun organik yang disebut rotenone. Bengkuang memiliki tekstur yang berair, dan di kupas, warna nya tidak berubah atau rusak. Bila dimasak, Bengkuang cenderung untuk menyerap rasa dari bahan-bahan yang dikombinasikan dengan. Oleh karena itu, seringkali Bengkuang berfungsi sebagai pelengkap yang sangat baik untuk berbagai hidangan tumisan. Sekarang mari kita lihat fakta gizi dari sayur bengkuang.

Nilai gizi dari Bengkuang

Bengkuang (100 g), dimasak, direbus, ditiriskan, tanpa garam
Kalori        38 kkal
Air             90,07 g
Serat            4,9 g
Gula total     1,60 g
Total lemak  0,09 g
Karbohidrat  8.82 g
Protein          0,72 g

Mineral
Kalsium 11 mg
Sodium 4 mg
Kalium 135 mg
Magnesium 11 mg
Zinc 0,15 mg
Zat besi 0.57 mg
Fosfor 16 mg


Vitamin
Vitamin A, 1 mg
Vitamin A, 19 IU
Vitamin B6 0.040 mg
Niacin 0.190 mg
Riboflavin 0,028 mg
Thiamin 0,017 mg
Folat 8 pg
Vitamin C 14.1 mg

Lipid

Kolesterol 0 mg

Manfaat gizi dari Bengkuang

  • Karena bengkuang rendah kalori dan lemak, dan tinggi vitamin dan mineral, ia mampu memberikan banyak manfaat gizi, yang beberapa diantaranya tersebut seperti di bawah ini:
  • Karena bengkuang tidak mengandung lemak dan kolesterol, maka bengkuang dapat dimasukkan ke dalam diet yang dirancang untuk menurunkan kadar kolesterol. Bengkuang membantu mengurangi risiko memiliki masalah jantung seperti penyakit jantung koroner, hipertensi, dll. Dan karena tidak mengandung kolesterol, bengkuang membantu mengurangi resiko terkena stroke.
  • Tinggi akan vitamin C. Karenanya, bengkuang merupakan antioksidan yang kuat dan juga berfungsi sebagai anti-inflamasi. Membantu menurunkan gejala asma, seperti nafas berbunyi, terutama pada anak-anak. Dan karena kaya vitamin C, bengkuang sangat membantu dalam menyembuhkan pilek dan flu.
  • Mengatasi Defisiensi vitamin C
  • Bengkuang juga memperkuat struktur kapiler, sehingga mengurangi risiko memiliki kerapuhan atau kerusakan kapiler.
  • Bengkuang kaya akan kalsium dan serat dalam bengkuang mengandung inulin oligofructose. Sayuran ini membantu meningkatkan kesehatan tulang dengan meningkatkan proses penyerapan kalsium dari makanan. Dengan demikian, ia juga menurunkan kemungkinan terkena osteoporosis. Dalam hal hubungannya dengan tulang, maka bengkuang juga dapat memperkuat gigi Anda.
  • Inulin juga mendorong pertumbuhan bakteri baik  dalam usus. Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan usus besar dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  • Sayuran ini memiliki indeks glikemik yang sangat rendah, dan merupakan makanan yang sangat baik bagi penderita diabetes.
  • Sayuran ini sangat baik untuk dimasukkan ke dalam menu diet untuk penurunan berat badan, karena rendah kalori dan rendah lemak.

Singkatnya, bengkuang pada dasarnya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membantu dalam meningkatkan fungsi tubuh secara keseluruhan. Namun, pastikan Anda membeli bengkuang yang berukuran sedang, karena yang berukurang terlalu besar mungkin tidak manis. Pilih umbi yang masih keras dengan akar kering. Bengkuang dengan bintik-bintik basah atau lembut bisa jadi busuk. Bengkuang yang sudah dikupas dan dipotong, dapat disimpan dalam lemari es selama beberapa hari. Sebelum memotong, Anda dapat menyimpan sayuran ini di tempat yang sejuk dan gelap hingga empat minggu.


Baca lebih lanjut di Buzzle: http://www.buzzle.com/articles/jicama-nutritional-benefits.html












Rabu, 09 November 2016

Manfaat dari madu dan kayu manis

Mengambil manfaat dari campuran madu dan kayu manis


Kombinasi kedua bahan ini telah digunakan selama berabad-abad yang lalu. Kayu manis adalah salah satu rempah-rempah tertua dan jika digunakan bersama dengan madu dapat menciptakan banyak efek penyembuhan.

Kayu manis memiliki " insulin boosting property " yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan aktivitas kadar insulin sekitar 20 kali lipat dan sangat bermanfaat bagi orang-orang yang memiliki kadar gula yang tinggi. Hal ini berhubungan dengan diabetes.

Madu berkontribusi dalam metabolisme kholesterol yang tidak diinginkan ( kholesterol jahat ) dam asam lemak, membantu dalam memberi energi tubuh, menjaga keseimbangan kadar gula darah.

Kombinasi madu dan kayu manis dikenal sebagai salah satu campuran terbaik yang telah dikenal ramuan untuk menjaga kesehatansecara keseluruhan. Ramuan telah terbukti mampu menjadi obat alami selama bertahun-tahun, dari kolesterol hingga sakit gigi. Rasa manis dan hangat nya sangat cocok untuk langit-langit mulut. Campuran kedua bahan ini memiliki potensi obat yang menakjubkan untuk pengobatan berbagai penyakit.




Penyakit jantung: Taburkan pada roti sebagai pengganti selai dan mentega.

Rambut rontok: Oleskan 1 sendok makan minyak zaitun hangat, kayu manis dan madu pada rambut. Biarkan selama 15 menit, lalu cuci dan bilas.

Kolesterol: Campurkan madu dan kayu manis bersama-sama dalam air mendidih, atau teh hijau panas.

Gangguan pencernaan: Taburkan kayu manis pada satu sendok makan madu untuk mengurangi keasaman lambung, sakit perut dan kembung.

Jerawat: Campurkan kayu manis dengan madu menjadi sebuah pasta. Oleskan pada jerawat dan biarkan selama 15 menit dan bersihkan. Lakukan ini setiap hari sampai hilang.

Radang sendi atau Arthritis: Buat bubuk dengan menggabungkan keduanya dan oleskan pada tubuh yang terasa sakit. Pijat perlahan.

Bau mulut: Berkumurlah dengan campuran kayu manis dan madu dalam air panas.

Sakit gigi: Buat pasta dan oleskan gigi yang sakit. Bilas dengan air hangat.

Pilek dan flu: Anda dapat mencampur keduanya dalam air panas dan minum 4 kali sehari atau Anda dapat mengambil satu sendok teh madu dan taburi kayu manis di atasnya. Minum 6 kali sehari.

Infeksi kandung kemih: Ambil kayu manis dan 1 sendok teh madu, campur dengan air hangat dan minum 4 kali sehari.








Kamis, 11 Agustus 2016

Olahraga setelah melahirkan

Bagaimana cara Olahraga setelah melahirkan

Perubahan tubuh ibu pada saat hamil memang seringkali memberikan rasa tidak menyenangkan. Kulit yang tadinya kencang di bagian perut menjadi agak kendor. Lemak yang tadinya tidak ada di tangan, pinggul, perut dan paha, menjadi semakin bertambah. Dan meskipun bayi sudah lahir, ternyata sisanya tidak mau pergi.





Untuk para selebritis, mereka biasanya segera dapat mengembalikan kondisi tubuh mereka dengan olahraga dan diet yang ketat karena ini memang diperlukan untuk kepentingan profesi mereka.  Tetapi bagaimana dengan ibu rumah tangga atau mereka yang harus kembali bekerja? Bagaimanapun juga kuncinya adalah olahraga dan diet. Tapi harus diet yang sehat, bertahap dan seimbang.

Manfaat olahraga
Cara terbaik untuk mengembalikan tubuh ke bentuk semula tentunya adalah dengan berolahraga secara teratur. Olahraga tidak hanya membantu mengembalikan kelenturan otot dan menghilangkan timbunan lemak, tetapi juga sangat baik untuk menghilangkan stres. Berkonsultasilah dengan Dokter kapan sebaiknya Anda mulai berolahraga.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa olahraga sama sekali tidak mempengaruehi kelancaran produksi ASI. Bahkan wanita menyusui yang berolahraga secara teratur cenderung untuk lebih sehat dan lemak di tubuhnya pun lebih sedikit.

Latihan-latihan sederhana berikut ini dapat membantu meratakan dan mengencangkan perut setelah melahirkan. Kami menganjurkan anda untuk melakukan senam ini setidaknya tiga kali seminggu di lantai ber karpet atau di atas matras.

1a. Berbaring terlentang, kedua lutut ditekuk kaki menapak rata di lantai secara sejajar dan terentang selebar panggul.

1b. Hembuskan nafas, pada saat menarik perut ke bawah. Tempelkan lengkung punggung ke lantai angkat pantat ke atas. Tarik nafas lalu kembali ke posisi semula.

2a. Berbaring terlentang lalu tekuk kedua lutut terbuka ke arah dada. Angkat kedua tangan lalu masukkan ke sela-sela lutut.

2b. Kepala ditekuk, lalu angkat pundak ke atas. Tahan selama 3 detik. Turunkan dan ulangi. Mula-mula sebanyak 10 kali lalu tingkatkan secara bertahap sampai 20 kali.

3a. Berbaring terlentang lalu tekan perut ke bawah. Tarik kedua lutut ke arah dada, lalu angkat tangan ke samping anda.

3b. Tekuk kepala sampai dagu menyentuh dada, angkat pundak dari lantai, dorong kepala ke depan sampai kening menyentuh lutut. Kembali ke posisi semula dan ulangi. Mulai dengan 10 kali lalu bertahap ditingkatkan sampai 20 kali.

4a. Duduk bersila di lantai dengan kedua pergelangan kaki bersilangan. Angkat kedua tangan di atas kepala. 

4b. Tarik perut ke dalam, pantat tetap menempel di lantai, sambil  meraih jauh ke depan. Bernafas secara normal sambil menghitung sampai 20.





Minggu, 24 Juli 2016

Tips praktis mengatasi baby blues






1. Manjakan diri perhatikan keinginan hati anda. Jangan merasa bersalah jika anda ingin sendirian atau menonton TV. Anda tidak harus 24jam dan tujuh hari dalam seminggu dalam mengurus bayi anda. Cobalah untuk berbagi tugas dengan suami Anda.

2. Cobalah untuk melakukan hobby Anda yang agak terlupakan karena kehamilan anda. Bahkan kebiasaan bergosip bersama saudara atau teman dekat juga bisa membantu mencegah munculnya rasa gelisah yang tidak jelas arahnya.

3. Istirahat sebanyak mungkin, anda tidak perlu merasa bersalah jika anda merasa ngantuk dan ingin bersantai.

4. Meski teman-teman dan keluarga ingin bergantian menjenguk dan bertemu dengan bayi anda, usahakan untuk memberi jadwal dan menyisakan waktu untuk diri Anda sendiri.
Namun, jika anda tetap merasa stres dan depresi yang berkepanjangan seperti halnya artis kondang dari Amerika, Brooke Shields, maka ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter keluarga anda. Bisa juga dengan psikolog yang anda percayai.





Baby blues postpartum. Masalah kejiwaan pasca melahirkan

Apa itu baby blues syndrome dan Mengapa bisa terjadi





Jika anda pernah mengalami perasaan aneh, haru biru, gelisah tak menentu, depresi dan sebagainya setelah melahirkan, dan semakin stres karena anda tidak tahu kenapa anda mengalaminya, maka sesungguhnya anda sedang menderita baby blues.

Meskipun tidak semua mengalami hal ini, tetapi jika anda adalah salah satu yang mengalami baby blues atau depresi pasca persalinan, maka jangan tambahkan stress anda dengan perasaan tak menentu dan sedih yang berlebihan.

Baby blues biasanya menimpa ibu pada 14 hari pasca melahirkan sang buah hati. Tetapi masa terburuk dari hal ini adalah pada hari ketiga dan keempat setelah persalinan.
Pada dasarnya baby blues sindrom terjadi karena memang tubuh anda sedang mengalami perubahan yang cukup mendasar ketika melahirkan anak. Berbagai hormon dalam tubuh juga bergejolak dalam proses persalinan yang melelahkan dan semuanya mempengaruhi alam perasaan.

Memang tidak mudah untuk menenangkan diri, tetapi jika anda tahu kenapa anda merasa gelisah dan sedih setelah melahirkan, maka anda akan lebih cepat memulihkan perasaan Anda sendiri.

Gejala-gejala dari Baby blues atau depresi pasca persalinan
  • Dipenuhi oleh rasa sedih dan depresi dan disertai dengan menangis tanpa sebab.
  • Merasa tidak bertenaga atau sedikit saja.
  • Perasaan bersalah dan tidak berharga.
  • Menjadi tidak tertarik pada bayi Anda atau menjadi terlalu memperhatikan dan khawatir terhadap bayinya.
  • Peningkatan berat badan yang disertai dengan makan berlebihan.
  • Penurunan berat badan yang disertai dengan hilangnya nafsu makan.
  • Perasaan takut menyakiti diri sendiri atau bayi
  • Tidak dapat tidur atau tidur berlebihan.\
 Bersambung ke: Tips praktis mengatasi baby blues



 



Sabtu, 23 Juli 2016

Nutrisi memperkuat sistem imun





Bayi dan balita memerlukan nutrisi yang kompleks agar mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan baik serta memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Beberapa nutrisi yang diperlukan oleh bayi untuk pertumbuhan sistem imun mereka antara lain adalah:

1. Lemak
Lemak diperlukan sebagai cadangan energi tubuh. Otak yang sedang tumbuh juga memerlukan lemak dalam takaran yang tepat dan benar. Otak menggunakan 60% dari total energi yang dikonsumsi oleh bayi, dan 60% dari otak itu sendiri adalah jaringan lemak. Sumber lemak terbaik untuk bayi adalah ASI.

2. Karbohidrat
Sebagai sumber energi, karbohidrat juga sangat diperlukan oleh bayi. Sumber Karbohidrat yang baik adalah apel, buncis, kacang polong, ASI,  produk olahan susu, buah segar, pasta, kentang, kacang kedelai, sayuran dan biji-bijian.

3. Protein
Protein adalah zat gizi yang bertanggung jawab pada pertumbuhan, perbaikan dan penggantian jaringan. 

4. Serat
Serat adalah bagian yang tidak dapat dicerna yang terdapat dalam tepung dan buah-buahan, dan merupakan pencahar alami yang membantu pembuangan sisa makanan dari dalam usus. Makanan garing dan kenyal seperti padi-padi an dan polong-polongan adalah contoh serat yang baik. Sumber serat yang lain adalah buah-buahan dan sayuran.

5. Vitamin dan mineral
Kedua  zat gizi ini sangat diperlukan oleh tubuh anak Anda walaupun dalam jumlah yang tidak besar. Ada 13 macam vitamin yang dibutuhkan yaitu A, C, D, E, K dan 8 jenis vitamin B. Sementara itu mineral yang dibutuhkan tubuh terdiri dari kalsium, fosfor dan magnesium (untuk membantu pembentukan tulang yang kuat) zat besi dan tembaga (membangun darah) seng (mendorong kekebalan tubuh) sodium dan potasium (mengatur keseimbangan air dalam tubuh) serta beberapa mineral lain seperti yodium dan mangan.

6. Makanan yang paling bergizi
Menurut dokter William Sears, makanan kaya gizi yang sebaiknya ada dalam menu balita adalah alpukat, brokoli, nasi merah, keju halus, telur, ikan salmon, buncis, mentega, kacang, bubur gandum, pasta, kentang, tahu dan susu.





Minggu, 26 Juni 2016

Kehamilan diluar kandungan

Kehamilan diluar kandungan, penyebab, akibat dan penanganannya.

Pada kehamilan normal, janin berada di dalam rongga rahim. Namun pada keadaan tertentu Janin dapat pula berada diluar rongga rahim yang dikenal dengan istilah kehamilan diluar kandungan atau dalam ilmu kedokteran disebut kehamilan ektopik.

Mengapa hal ini bisa terjadi?





Pada kehamilan ektopik, janin tumbuh di organ reproduksi wanita selain di dalam rongga rahim antara lain di saluran tuba, leher rahim, indung telur dan rongga perut.
Yang paling banyak terjadi adalah di Tuba falopii 90%. Hari ini mungkin disebabkan antara lain oleh adanya tumor di saluran tuba atau kista, endometriosis, riwayat operasi tuba atau kelainan anatomi.

Akibat dari kehamilan diluar kandungan

Dengan semakin membesarnya janin maka saluran tuba, indung telur atau leher rahim bisa pecah dan mengakibatkan perdarahan hebat di dalam perut. Pada akhirnya dapat menyebabkan penurunan fertilitas atau kesuburan dan bahkan kematian ibu dan janin.

Tanda-tanda yang perlu diwaspadai

Gejala awal yang harus diperhatikan antara lain adalah terdapat tanda-tanda kehamilan seperti mual muntah tidak menstruasi dan sebagainya, dan nyeri yang dapat dirasakan pada satu sisi atau kedua sisi perut bagian atas, bawah atau seluruh bagian perut.Terdapat bercak darah spotting atau perdarahan yang biasanya berwarna hitam.
Gejala yang lebih lanjut antara lain penderita tampak pucat kesadaran menurun atau lemah, bahkan syok akibat kehilangan banyak darah, nyeri perut yang disertai perut menegang. Untuk diagnosa pasti diperlukan pemeriksaan USG (ultrasonografi) untuk melihat adanya kantong gestasi di luar rahim.
Penanganan kehamilan diluar kandungan
Dokter kebidanan pasti akan menyarankan operasi untuk mengeluarkan janin meskipun belum pecah sebab tidak ada gunanya janin itu tumbuh di tempat yang tidak semestinya.
Janin juga tidak mungkin mencapai usia 9 bulan. Jika sudah pecah perdarahan hebat dapat terjadi dalam rongga perut. Dan ini membahayakan keselamatan si ibu. Si ibu akan mengalami pucat, anemi lemas bahkan pingsan.