Nama saya Siswanto namun saya dipanggil Pakde Chon . Ini adalah beranda saya: Saya tinggal di Madiun, dan bekerja sebagai Perawat di Puskesmas ACME Corp .

Kamis, 11 Agustus 2016

Olahraga setelah melahirkan

Bagaimana cara Olahraga setelah melahirkan

Perubahan tubuh ibu pada saat hamil memang seringkali memberikan rasa tidak menyenangkan. Kulit yang tadinya kencang di bagian perut menjadi agak kendor. Lemak yang tadinya tidak ada di tangan, pinggul, perut dan paha, menjadi semakin bertambah. Dan meskipun bayi sudah lahir, ternyata sisanya tidak mau pergi.





Untuk para selebritis, mereka biasanya segera dapat mengembalikan kondisi tubuh mereka dengan olahraga dan diet yang ketat karena ini memang diperlukan untuk kepentingan profesi mereka.  Tetapi bagaimana dengan ibu rumah tangga atau mereka yang harus kembali bekerja? Bagaimanapun juga kuncinya adalah olahraga dan diet. Tapi harus diet yang sehat, bertahap dan seimbang.

Manfaat olahraga
Cara terbaik untuk mengembalikan tubuh ke bentuk semula tentunya adalah dengan berolahraga secara teratur. Olahraga tidak hanya membantu mengembalikan kelenturan otot dan menghilangkan timbunan lemak, tetapi juga sangat baik untuk menghilangkan stres. Berkonsultasilah dengan Dokter kapan sebaiknya Anda mulai berolahraga.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa olahraga sama sekali tidak mempengaruehi kelancaran produksi ASI. Bahkan wanita menyusui yang berolahraga secara teratur cenderung untuk lebih sehat dan lemak di tubuhnya pun lebih sedikit.

Latihan-latihan sederhana berikut ini dapat membantu meratakan dan mengencangkan perut setelah melahirkan. Kami menganjurkan anda untuk melakukan senam ini setidaknya tiga kali seminggu di lantai ber karpet atau di atas matras.

1a. Berbaring terlentang, kedua lutut ditekuk kaki menapak rata di lantai secara sejajar dan terentang selebar panggul.

1b. Hembuskan nafas, pada saat menarik perut ke bawah. Tempelkan lengkung punggung ke lantai angkat pantat ke atas. Tarik nafas lalu kembali ke posisi semula.

2a. Berbaring terlentang lalu tekuk kedua lutut terbuka ke arah dada. Angkat kedua tangan lalu masukkan ke sela-sela lutut.

2b. Kepala ditekuk, lalu angkat pundak ke atas. Tahan selama 3 detik. Turunkan dan ulangi. Mula-mula sebanyak 10 kali lalu tingkatkan secara bertahap sampai 20 kali.

3a. Berbaring terlentang lalu tekan perut ke bawah. Tarik kedua lutut ke arah dada, lalu angkat tangan ke samping anda.

3b. Tekuk kepala sampai dagu menyentuh dada, angkat pundak dari lantai, dorong kepala ke depan sampai kening menyentuh lutut. Kembali ke posisi semula dan ulangi. Mulai dengan 10 kali lalu bertahap ditingkatkan sampai 20 kali.

4a. Duduk bersila di lantai dengan kedua pergelangan kaki bersilangan. Angkat kedua tangan di atas kepala. 

4b. Tarik perut ke dalam, pantat tetap menempel di lantai, sambil  meraih jauh ke depan. Bernafas secara normal sambil menghitung sampai 20.





Minggu, 24 Juli 2016

Tips praktis mengatasi baby blues






1. Manjakan diri perhatikan keinginan hati anda. Jangan merasa bersalah jika anda ingin sendirian atau menonton TV. Anda tidak harus 24jam dan tujuh hari dalam seminggu dalam mengurus bayi anda. Cobalah untuk berbagi tugas dengan suami Anda.

2. Cobalah untuk melakukan hobby Anda yang agak terlupakan karena kehamilan anda. Bahkan kebiasaan bergosip bersama saudara atau teman dekat juga bisa membantu mencegah munculnya rasa gelisah yang tidak jelas arahnya.

3. Istirahat sebanyak mungkin, anda tidak perlu merasa bersalah jika anda merasa ngantuk dan ingin bersantai.

4. Meski teman-teman dan keluarga ingin bergantian menjenguk dan bertemu dengan bayi anda, usahakan untuk memberi jadwal dan menyisakan waktu untuk diri Anda sendiri.
Namun, jika anda tetap merasa stres dan depresi yang berkepanjangan seperti halnya artis kondang dari Amerika, Brooke Shields, maka ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter keluarga anda. Bisa juga dengan psikolog yang anda percayai.





Baby blues postpartum. Masalah kejiwaan pasca melahirkan

Apa itu baby blues syndrome dan Mengapa bisa terjadi





Jika anda pernah mengalami perasaan aneh, haru biru, gelisah tak menentu, depresi dan sebagainya setelah melahirkan, dan semakin stres karena anda tidak tahu kenapa anda mengalaminya, maka sesungguhnya anda sedang menderita baby blues.

Meskipun tidak semua mengalami hal ini, tetapi jika anda adalah salah satu yang mengalami baby blues atau depresi pasca persalinan, maka jangan tambahkan stress anda dengan perasaan tak menentu dan sedih yang berlebihan.

Baby blues biasanya menimpa ibu pada 14 hari pasca melahirkan sang buah hati. Tetapi masa terburuk dari hal ini adalah pada hari ketiga dan keempat setelah persalinan.
Pada dasarnya baby blues sindrom terjadi karena memang tubuh anda sedang mengalami perubahan yang cukup mendasar ketika melahirkan anak. Berbagai hormon dalam tubuh juga bergejolak dalam proses persalinan yang melelahkan dan semuanya mempengaruhi alam perasaan.

Memang tidak mudah untuk menenangkan diri, tetapi jika anda tahu kenapa anda merasa gelisah dan sedih setelah melahirkan, maka anda akan lebih cepat memulihkan perasaan Anda sendiri.

Gejala-gejala dari Baby blues atau depresi pasca persalinan
  • Dipenuhi oleh rasa sedih dan depresi dan disertai dengan menangis tanpa sebab.
  • Merasa tidak bertenaga atau sedikit saja.
  • Perasaan bersalah dan tidak berharga.
  • Menjadi tidak tertarik pada bayi Anda atau menjadi terlalu memperhatikan dan khawatir terhadap bayinya.
  • Peningkatan berat badan yang disertai dengan makan berlebihan.
  • Penurunan berat badan yang disertai dengan hilangnya nafsu makan.
  • Perasaan takut menyakiti diri sendiri atau bayi
  • Tidak dapat tidur atau tidur berlebihan.\
 Bersambung ke: Tips praktis mengatasi baby blues



 



Sabtu, 23 Juli 2016

Nutrisi memperkuat sistem imun





Bayi dan balita memerlukan nutrisi yang kompleks agar mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan baik serta memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Beberapa nutrisi yang diperlukan oleh bayi untuk pertumbuhan sistem imun mereka antara lain adalah:

1. Lemak
Lemak diperlukan sebagai cadangan energi tubuh. Otak yang sedang tumbuh juga memerlukan lemak dalam takaran yang tepat dan benar. Otak menggunakan 60% dari total energi yang dikonsumsi oleh bayi, dan 60% dari otak itu sendiri adalah jaringan lemak. Sumber lemak terbaik untuk bayi adalah ASI.

2. Karbohidrat
Sebagai sumber energi, karbohidrat juga sangat diperlukan oleh bayi. Sumber Karbohidrat yang baik adalah apel, buncis, kacang polong, ASI,  produk olahan susu, buah segar, pasta, kentang, kacang kedelai, sayuran dan biji-bijian.

3. Protein
Protein adalah zat gizi yang bertanggung jawab pada pertumbuhan, perbaikan dan penggantian jaringan. 

4. Serat
Serat adalah bagian yang tidak dapat dicerna yang terdapat dalam tepung dan buah-buahan, dan merupakan pencahar alami yang membantu pembuangan sisa makanan dari dalam usus. Makanan garing dan kenyal seperti padi-padi an dan polong-polongan adalah contoh serat yang baik. Sumber serat yang lain adalah buah-buahan dan sayuran.

5. Vitamin dan mineral
Kedua  zat gizi ini sangat diperlukan oleh tubuh anak Anda walaupun dalam jumlah yang tidak besar. Ada 13 macam vitamin yang dibutuhkan yaitu A, C, D, E, K dan 8 jenis vitamin B. Sementara itu mineral yang dibutuhkan tubuh terdiri dari kalsium, fosfor dan magnesium (untuk membantu pembentukan tulang yang kuat) zat besi dan tembaga (membangun darah) seng (mendorong kekebalan tubuh) sodium dan potasium (mengatur keseimbangan air dalam tubuh) serta beberapa mineral lain seperti yodium dan mangan.

6. Makanan yang paling bergizi
Menurut dokter William Sears, makanan kaya gizi yang sebaiknya ada dalam menu balita adalah alpukat, brokoli, nasi merah, keju halus, telur, ikan salmon, buncis, mentega, kacang, bubur gandum, pasta, kentang, tahu dan susu.





Minggu, 26 Juni 2016

Kehamilan diluar kandungan

Kehamilan diluar kandungan, penyebab, akibat dan penanganannya.

Pada kehamilan normal, janin berada di dalam rongga rahim. Namun pada keadaan tertentu Janin dapat pula berada diluar rongga rahim yang dikenal dengan istilah kehamilan diluar kandungan atau dalam ilmu kedokteran disebut kehamilan ektopik.

Mengapa hal ini bisa terjadi?





Pada kehamilan ektopik, janin tumbuh di organ reproduksi wanita selain di dalam rongga rahim antara lain di saluran tuba, leher rahim, indung telur dan rongga perut.
Yang paling banyak terjadi adalah di Tuba falopii 90%. Hari ini mungkin disebabkan antara lain oleh adanya tumor di saluran tuba atau kista, endometriosis, riwayat operasi tuba atau kelainan anatomi.

Akibat dari kehamilan diluar kandungan

Dengan semakin membesarnya janin maka saluran tuba, indung telur atau leher rahim bisa pecah dan mengakibatkan perdarahan hebat di dalam perut. Pada akhirnya dapat menyebabkan penurunan fertilitas atau kesuburan dan bahkan kematian ibu dan janin.

Tanda-tanda yang perlu diwaspadai

Gejala awal yang harus diperhatikan antara lain adalah terdapat tanda-tanda kehamilan seperti mual muntah tidak menstruasi dan sebagainya, dan nyeri yang dapat dirasakan pada satu sisi atau kedua sisi perut bagian atas, bawah atau seluruh bagian perut.Terdapat bercak darah spotting atau perdarahan yang biasanya berwarna hitam.
Gejala yang lebih lanjut antara lain penderita tampak pucat kesadaran menurun atau lemah, bahkan syok akibat kehilangan banyak darah, nyeri perut yang disertai perut menegang. Untuk diagnosa pasti diperlukan pemeriksaan USG (ultrasonografi) untuk melihat adanya kantong gestasi di luar rahim.
Penanganan kehamilan diluar kandungan
Dokter kebidanan pasti akan menyarankan operasi untuk mengeluarkan janin meskipun belum pecah sebab tidak ada gunanya janin itu tumbuh di tempat yang tidak semestinya.
Janin juga tidak mungkin mencapai usia 9 bulan. Jika sudah pecah perdarahan hebat dapat terjadi dalam rongga perut. Dan ini membahayakan keselamatan si ibu. Si ibu akan mengalami pucat, anemi lemas bahkan pingsan.















Senin, 30 Mei 2016

Manfaat ajaib dari buah pepaya

Pepaya: Keajaiban pepaya sebagai pelindung bagi tubuh


Buah pepaya menyembunyikan rahasia kesehatan dan kecantikan yang unik. Membersihkan bekas di kulit, memiliki efek anti-penuaan, memperkuat sistem kekebalan tubuh kita dan ini hanya beberapa dari sifat unik dari buah pepaya.





Berikut adalah manfaat utama dari pepaya yang akan membuat Anda berfikir untuk mengkonsumsinya.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Tidak hanya kaya akan rasa, buah ini juga kaya akan vitamin A dan vitamin C. Keduanya membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda terhadap penyakit yang tidak menyenangkan seperti pilek, demam dan flu.

Baik untuk kulit Anda
Menerapkannya di wajah sebagai masker sungguh sangat baik untuk kulit Anda. Buah ini membantu untuk menyingkirkan jerawat dan infeksi kulit yang disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat. Enzim yang ditemukan dalam daging pepaya, yaitu  papain, membantu untuk melarutkan sel-sel kulit mati dan membuat kulit Anda segar dan tampak bersinar.

Anti penuaan
Papaya mengandung antioksidan yang mampu melawan radikal bebas dalam tubuh yang menyebabkan penuaan.

Menyehatkan pencernaan
Pepaya mengandung enzim yang dapat membantu tubuh Anda mencerna protein dan sangat berguna pada saat Anda mengalami sembelit.

Perlindungan terhadap penyakit jantung
Nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam pepaya membantu mencegah oksidasi kolesterol dan memberi perlindungan terhadap serangan jantung atau stroke.

Anti-inflamasi
Pepaya mengandung enzim protein asimilasi unik seperti papain dan chymopapain. Ini membantu mengurangi peradangan, seperti halnya vitamin C dan beta-karoten yang terkandung didalamnya.

Mampu melawan Rheumatoid Arthritis
Makanan dengan kadar vitamin C yang tinggi, seperti pepaya, membantu melindungi tubuh terhadap inflamasi polyarthritis, yang merupakan bentuk dari rheumatoid arthritis.

Mencegah pembekuan darah yang berbahaya
Enzim aktif yang disebut fibrin yang terdapat dalam pepaya dapat membantu mencegah pembekuan darah tidak diperlukan. Yang juga dapat bertindak sebagai terapi untuk luka tubuh baik eksternal dan internal.





Jumat, 18 Maret 2016

Manfaat Terong bagi kesehatan

7 Manfaat Terong bagi kesehatan






Terong adalah salah satu jenis sayuran yang berwarna hijau atau ungu, yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat luar biasa. Terong banyak mengandung kansium, mineral, serat, bioflavonoid dan vitamin K.
Adak banyak manfaat yang bisa anda dapatkan jika anda sering mengkonsumsi sayuran murah dan bermanfaat ini.

7 manfaat dari terong bagi kesehatan tubuh antara lain adalah:

1. Manfaat Terong sebagai nutrisi bagi otak
Kandungan nutrisi phyto dalam terongmerupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh otak kita. Jadi jika anda ingin mencari makanan yang dapat memberi nitrisi bagi otak anda, maka pilihlah terong.

2. Manfaat terong untuk kesehatan pencernaan
Kandungan serat yang tinggi dalam terong dapat membantu menyehatkan saluran pencernaan dan mencegah kankeryang iasa menyerang usus besar kita.

3. Manfaat terong untuk mencegah diabetes
Terong merupakan sayuran yang kaya serat dan rendah karbohidrat larut yang sangat baik untuk mencegah penyakit diabetes.

4. Manfaat terong untuk kesehatan jantung
Terong dapat membantu menurunkan kadar jahat kholesterol dalam darah yang dapat menumpuk dalam aliran darah dan berubah menjadi plak, yang dapat menyumbat aliran darah.

5. Manfaat terong untuk mengendalikan tekanan darah tinggi
Kandungan bioflavonoid dalam terong mempunyai peran besar dalam membantu mengendalikan tekanan darah. Halini sangat berguna bagi mereka yang menderita penyakit tekanan darah tinggi.

6. Manfaat terong untuk menjaga kesehatan tulang
Kandungan kalsium yang tinggi dalam terong dapat memperkuat dan mempertahankan kekuatan sendi dan tulang anda

7. Manfaat terong untuk mencegah anemia
Kandungan zat besi dalam sayuran terong akan mencegah anda dari penyakit anemia atau kurang darah.