Nama saya Siswanto namun saya dipanggil Pakde Chon . Ini adalah beranda saya: Saya tinggal di Madiun, dan bekerja sebagai Perawat di Puskesmas ACME Corp .

Jumat, 18 Maret 2016

Manfaat Terong bagi kesehatan

7 Manfaat Terong bagi kesehatan






Terong adalah salah satu jenis sayuran yang berwarna hijau atau ungu, yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat luar biasa. Terong banyak mengandung kansium, mineral, serat, bioflavonoid dan vitamin K.
Adak banyak manfaat yang bisa anda dapatkan jika anda sering mengkonsumsi sayuran murah dan bermanfaat ini.

7 manfaat dari terong bagi kesehatan tubuh antara lain adalah:

1. Manfaat Terong sebagai nutrisi bagi otak
Kandungan nutrisi phyto dalam terongmerupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh otak kita. Jadi jika anda ingin mencari makanan yang dapat memberi nitrisi bagi otak anda, maka pilihlah terong.

2. Manfaat terong untuk kesehatan pencernaan
Kandungan serat yang tinggi dalam terong dapat membantu menyehatkan saluran pencernaan dan mencegah kankeryang iasa menyerang usus besar kita.

3. Manfaat terong untuk mencegah diabetes
Terong merupakan sayuran yang kaya serat dan rendah karbohidrat larut yang sangat baik untuk mencegah penyakit diabetes.

4. Manfaat terong untuk kesehatan jantung
Terong dapat membantu menurunkan kadar jahat kholesterol dalam darah yang dapat menumpuk dalam aliran darah dan berubah menjadi plak, yang dapat menyumbat aliran darah.

5. Manfaat terong untuk mengendalikan tekanan darah tinggi
Kandungan bioflavonoid dalam terong mempunyai peran besar dalam membantu mengendalikan tekanan darah. Halini sangat berguna bagi mereka yang menderita penyakit tekanan darah tinggi.

6. Manfaat terong untuk menjaga kesehatan tulang
Kandungan kalsium yang tinggi dalam terong dapat memperkuat dan mempertahankan kekuatan sendi dan tulang anda

7. Manfaat terong untuk mencegah anemia
Kandungan zat besi dalam sayuran terong akan mencegah anda dari penyakit anemia atau kurang darah.





Kamis, 17 Maret 2016

Manfaat wortel bagi kesehatan

7 Manfaat tersembunyi Wortel bagi tubuh


Sebagian besar dari kita tentu sudah tahu kalau wortel sangat baik untukmenjaga kesehatan penglihatan. Tapi ternyata bukan itu saja. Ada banyak manfaat tersembunyi yang terkandung dalam sayuran wortel sebagai nutrisi dan vitamin bagi kesehatan organ tubuh kita.





Berdasarkan fakta, telah terungkap bahwa wortel mengandung vitamin A yang sempurna untuk menjaga dan mempertahankan kesehatan tubuh kita.
Setidaknya disini akan dijabarkan 7 manfaat wortel untuk kesehatan tubuh kita. Antara lain adalah:

1. Manfaat wortel untuk kesehatan mata
Betakaroten dalam wortel akan diubah menjadi vitamin A oleh organ hati. Maka jika seseorang mengkonsumsi wortel secara rutin dalam makanan mereka, maka kesehatan penglihatan atau mata akan selalu terjaga.

2. Manfaat wortel untuk mencegah kanker
Kandungan falcarinol dan falcarindiol dalam wortel memiliki sifat anti kanker. Halini membuat wortel menjadi salah satu sayuran yang sangat efektif untuk mencegah dan menangkal berbagai jenis kanker, terutama kanker payudara, kanker paru-paru dan kanker usus besar.

3. Manfaat wortel untuk kesehatan jantung
Kandungan Betakaroten, Alfa karoten dan Lutein membuat wortel sangat dibutuhkan oleh organ jantung. Ketiga zat tersebut akan membuat anda terhindar dari berbagai gangguan dan penyakit jantung.

4. Manfaat wortel untuk kesehatan gigi
Kandungan mineral tententu dalam wortel dapat mencegah kerusakan gigi dari waktu ke waktu. Wortel diketahui mempunyai peran penting dalam membantu menghilangkan plak dan sisa makanan dapat merusak gigi dan gusi anda.

5. Manfaat wortel untuk memperlambat proses penuaan
Kandungan betakaroten yang sangat tinggi dalam wortel mampu memperlambat proses penuaan sel. Halini membuat seseorang akan tampak lebih awet muda, meskipun usia terus berjalan.

6. Manfaat wortel sebagai pembersih racun dalam tubuh
Kandungan vitamin A dalam tubuh wortel mampu membersihkan usus besar dan empedu dari racin sisa metabolisme. Worteljuga mampu membersihkan lemak dalam hati secara efektif dan alami.

7. Manfaat wortel untuk mencegah stroke
Rutin mengkonsumsi sayuran merwarna oranye termasuk wortel dapat mencegah dan mengurangi resiko terkena stroke, yang saat ini banyakorang mengalaminya.








Minggu, 28 Februari 2016

7 Makanan untuk menurunkan kholesterol

Cara alami menurunkan kadar kholesterol






Kholesterol merupakansalah satu jenis lemak dalah tubuh ataujuga dikenal dengan nama lipid, dimana di dalam darah ada 2 macam kholesterol yaitu kholesterol baik (HDL) dan kholesterol jahat (LDL). Normalnya kholesterol memilikibeberapafungsi penting dalam tubuh manusia. Beberapa fungsi tersebut di antaranya adalah sebagai penyusun struktur pada membran sel, melindungi kulit dari racun dan masalah kekeringan, pembentukan vitamin D ( dengan bantuan sinar matahari) dan sebagai pembentuk asam empedu di usus.

Namun pada saat kadar kholesterol jahat atau LDL dalam darah meningkat jumlahnya, hal ini bisa menjadi masalah kesehatan yang serius yang dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti gangguan ereksi, gagal ginjal, penyakit jantung, stroke dan meningkatkan resiko datangnya penyakit Alzheimers.

Untuk menekan kenaikan kadar kholesterol yang jahat dalah darah, ada beberapa jenis makanan yang bisa anda konsumsi untuk mengurangi dan menurunkan kadar kholesterol dalah darah.

Di bawah ini 7 jenis makanan yang berguna untuk menurunkan kadar kholesterol darah:

1. Tomat

Tomat termasuk dalam golongan buah-buahan,mengkonsumsi tomat dapat membantu menurunkan kadar kholesterol jahat dalam darah. Tomat dapat dimakan langsung atau agar lebih sedap, anda dapat membuatnya sebagai jus tomat dan meminumnya 2 gelas setiap sehari.

2. Buah Delima

Buah bulat kecilberwarna merah ini sangat baik untuk mengurangi kadar kholesterol dalam tubuh, khususnya berfungsi untuk mengurangi plak dalam pembuluh darah oleh kholesterol. Serta mampu meningkatkan produksi Oksida Nitrat yang dapat membantu membantu mengurangi pada arteri.

3. Alpukat

Buah yang memiliki bentuk lonjong dan berwarna hijau ini merupakan salah satu buah yang banyak mengandung kholesterol baik atau HDL, sehingga sangat baik untuk meningkatkan kadar HDL dalah darah serta menurunkan kadar LDL atau kholesterol jahat dalam darah. Karena salah satu fungsi HDL adalah untuk mengangkut LDL sehingga tidak menumpuk dalam pembuluh darah yang mengakibatkan penyumbatan.

4. Anggur

Anggur juga sangat baik untuk meningkatkan kadar kholesterol baik dalah darah. Dengan meminum jus anggur secara rutin 2 gelas setiap hari,  dapat menjaga kadar kholesterol baik HDL dalah tubuh.

5. Bawang putih

Bawang putih termasuk dalam golongan rempah-rempah dan merupakan bumbu dapur bagi ibu rumah tangga. Bawang putih sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Usahakan untuk mengkonsumsi satu siung bawang putih setiap hari untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda. Selain dimakan langsung Anda juga bisa mengkonsumsinya dengan memasukkan ke dalam berbagai jenis masakan anda.

6. Aneka olahan kedelai (tahu dan tempe)

Kedua jenis makanan tersebut sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, selain itu juga bisa menjadi sumber protein bagi tubuh.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan yang dimaksud disini seperti misalnya kacang tanah, kenari, almond, serta edamame. Kandungan lemak omega-3 dan antioksidan dalam kacang-kacangan sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.







Minggu, 06 September 2015

Kista ovarium adalah



     Kista ovarium adalah struktur seperti-kantung di dalam ovarium yang berisi zat cair atau zat setengah padat.
     Kista ovarium terbentuk karena berbagai sebab
     Nyeri di perut atau panggul adalah gejala-gejala yang paling umum dari kista ovarium, tetapi kebanyakan tidak menunjukkan gejala.
     Kebanyakan kista didiagnosa dengan pemeriksaan USG atau pemeriksaan fisik.
     Pengobatan dari suatu kista ovarium tergantung pada diagnosis

Apa ovarium dan apa yang kista ovarium?

Ovarium adalah sepasang kelenjar reproduksi pada wanita yang terletak di panggul. Setiap ovarium mempunyai ukuran dan bentuk seperti buah kenari. Ovarium menghasilkan telur (ovum) dan hormon kewanitaan yaitu estrogen dan progesteron.

Ovarium merupakan sumber utama dari hormon pada wanita, yang mengontrol perkembangan karakteristik tubuh wanita seperti payudara, bentuk tubuh, dan rambut tubuh. Hormon tersebut juga mengatur siklus menstruasi dan kehamilan.

Rabu, 29 April 2015

Manfaat kayu manis untuk kesehatan

10 manfaat kayu manis untuk kesehatan tubuh Anda


Baunya yang sangat menggoda mampu memberikan rasa yang luar biasa pada masakan kita. Cinnamon, selain bermanfaat dalam hala masak memasak, juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Manfaat yang ganda. Mari kita lihat satu per satu:





1. Memiliki sifat anti-inflamasi
2. Membantu menghilangkan nyeri haid
3. Mengendalikan kadar glukosa dalam darah
4. Memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur
5. Sumber yang sangat baik dari mineral mangan
6. Membantu  membakar lemak lebih baik dan lebih cepat
7. Melambatkan waktu pengosongan lambung sehingga anda merasa kenyang lebih lama
8. Menetralisir kolesterol "jahat"
9. Membantu melawan sel-sel kanker
10. Membantu  menghilangkan migrain

Begitu banyak manfaat kayu manis bagi kesehatan, jadi jangan lupa untuk menambahkan kayu manis kedalam masakana anda.









Jumat, 24 April 2015

Diet untuk golongan darah A

Makanan yang baik dan tidak baik untuk golongan darah A






Orang dengan golongan darah a rentan terhadap penyakit jantung kanker dan diabetes. Oleh karena itu, sangat penting bagi mereka yang ber golongan darah A untuk mengkonsumsi makanan segar, alami dan organik. Jika seseorang dengan golongan darah A menjalani diet yang sesuai dengan tipe diet golongan darah A, maka tubuhnya akan menjadi langsing secara alami.

Jika anda sudah terbiasa makan daging, maka penurunan berat badan anda akan terjadi lebih cepat, karena tubuh akan megeluarkan makanan-2 yang mengandung racun dari tubuh. Selain itu, sistem kekebalan tubuh juga akan meningkat sehingga perkembangan penyakit yang berbahaya bagi tubuh juga akan terhambat.

Saat seseorang dengan golongan darah A mulai mengkonsumsi daging, tubuh mereka akan terasa lemas dan malas bergerak. Hal ini dikarenakan kadar asam lambung yang rendah sehingga sulit untuk mencerna makanan. Karena hanya sedikit mengkonsumsi daging, maka anda bisa menambahnya dengan mengkonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian. Anda juga bisa menikmati protein nabati yang terdapat pada kedelai dan kacang polong. Kedelai bisa menurunkan produksi insulin, yang merupakan penyebab dari obesitas atau kegemukan dan diabetes. Tahu bisa menjadi makanan utama untuk diet golongan darah ini. Produk-produk susu juga agak sulit dicerna, yang bisa memperlambat metabolismae tubuh. Tapi golongan darah A bisa mentolerir produk susu yang di fermentasi seperti yogurt, kefir, krim tanpa lemak, sertaproduk susu yang telah di kultur.

Sayur-sayuran juga sangat penting bagi orang dengan golongan darah A, sebagai sumber  mineral, enzim dan antioksidan. Tipe golongan darah A sangat sensitif terhadap Lektin yang terdapat pada ubi jalar, kol, tomat dan merica. Makanan ini bisa merusak lambumg mereka yang memang sudah lemah. Seseorang dengan golongan darah A sebaiknya banyak makan buah yang bersifat alkali, menghindari mangga, pepaya, serta jeruk yang tidak bagus bagi saluran pencernaan mereka.

Diet berdasarkan golongan darah










Kamis, 26 Maret 2015

Manfaat mengkonsumsi salad





Sudahkah anda makan salad hari ini?


Cukup satu porsi salad sudah mampu mendatangkan banyak perubahan pada kesehatan anda.

Menyelipkan satu porsi salad di menu harian anda adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa santapan anda cukup bernutrisi. Mengapa demikian? Sebab semangkuk salad mampu melebur beberapa takaran saji buah dan sayuran menjadi satu hidangan yang lezat dan praktis.

Mengandung berbagai manfaat

Disamping praktis salad juga memiliki empat manfaat penting untuk kesehatan.

Kaya serat
Shalat mengandung serat dalam jumlah yang melimpah yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol darah. Para ahli sepakat bahwa makanan yang kaya serat dapat membantu anda merasa kenyang lebih lama mengurangi porsi makan menurunkan berat badan.

Memerangi obesitas
Beberapa penelitian membuktikan bahwa jika anda mengawali aktivitas makan dengan makanan berkalori rendah, misalnya salad hijau yang hanya mengandung 150 kalori, Maka anda akan merasa cepat kenyang, dan asupan kalori total anda akan berkurang.

Kaya akan lemak baik
Mengkonsumsi lemak baik seperti yang lemak tak jenuh tunggal yang banyak ditemukan di dalam minyak zaitun, ditambah dengan sayuran, dapat membantu tubuh menyerap fitokimia bermanfaat seperti lycopene dalam tomat atau lutein dalam sayuran yang berwarna hijau pekat.

Peneliti dari Ohio State University pernah mengukur seberapa baik fitokimia dapat diserap oleh tubuh pada responden memakan salad yang terdiri dari selada, wortel dan bayam yang telah ditambahkan 2 1/2 sendok makan alpukat. Ternyata responden yang mengkonsumsi alpukat mampu menyerap alfa karoten 8 kali lebih banyak dan beta karoten 13 kali labih banyak dibandingkan dengan yang mengkonsumsi salad tanpa tambahan alpukat. Kedua fitokimia tersebut terbukti mampu melindungi tubuh dari serangan jantung dan kanker.

Selain itu minyak zaitun juga berguna untuk mengulur ekspektasi usia. Hal ini dibuktikan oleh sekelompok peneliti dari italia cara menganalisa responden berusia 60 tahun ke atas. Mereka menemukan bahwa pola makan yang banyak mengandung sayuran dengan minyak zaitun katak menurunkan resiko kematian.

Cara membuat salad yang baik


Pertama pilih bahan baku yang masih segar tambahkan dengan rempah-rempah beraroma, lalu tambahkan saus salad bernutrisi. Tidak hanya itu anda juga bisa menambahkan sedikit racikan rahasia untuk menambah pesona salad anda diantaranya:

Keju
Sebagai gudang protein dan kalsium keju akan memperkaya nutrisi didalam salad anda. Pilihlah keju yang rendah lemak atau tanpa lemak dan jangan gunakan terlalu banyak.

Gandum utuh
Beras merah dan pasta dari gandum utuh adalah pilihan yang baik dan bernutrisi untuk melengkapi salad anda.

Polong-polongan
Polong adalah pelengkap terakhir. Tidak hanya kaya akan protein dan serat, polong juga banyak mengandung asam folat, zat besi dan potasium. Selain itu tolong juga rendah lemak, dan hampir tidak mengandung kolesterol.