Nama saya Siswanto namun saya dipanggil Pakde Chon . Ini adalah beranda saya: Saya tinggal di Madiun, dan bekerja sebagai Perawat di Puskesmas ACME Corp .

Minggu, 28 Februari 2016

7 Makanan untuk menurunkan kholesterol

Cara alami menurunkan kadar kholesterol






Kholesterol merupakansalah satu jenis lemak dalah tubuh ataujuga dikenal dengan nama lipid, dimana di dalam darah ada 2 macam kholesterol yaitu kholesterol baik (HDL) dan kholesterol jahat (LDL). Normalnya kholesterol memilikibeberapafungsi penting dalam tubuh manusia. Beberapa fungsi tersebut di antaranya adalah sebagai penyusun struktur pada membran sel, melindungi kulit dari racun dan masalah kekeringan, pembentukan vitamin D ( dengan bantuan sinar matahari) dan sebagai pembentuk asam empedu di usus.

Namun pada saat kadar kholesterol jahat atau LDL dalam darah meningkat jumlahnya, hal ini bisa menjadi masalah kesehatan yang serius yang dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti gangguan ereksi, gagal ginjal, penyakit jantung, stroke dan meningkatkan resiko datangnya penyakit Alzheimers.

Untuk menekan kenaikan kadar kholesterol yang jahat dalah darah, ada beberapa jenis makanan yang bisa anda konsumsi untuk mengurangi dan menurunkan kadar kholesterol dalah darah.

Di bawah ini 7 jenis makanan yang berguna untuk menurunkan kadar kholesterol darah:

1. Tomat

Tomat termasuk dalam golongan buah-buahan,mengkonsumsi tomat dapat membantu menurunkan kadar kholesterol jahat dalam darah. Tomat dapat dimakan langsung atau agar lebih sedap, anda dapat membuatnya sebagai jus tomat dan meminumnya 2 gelas setiap sehari.

2. Buah Delima

Buah bulat kecilberwarna merah ini sangat baik untuk mengurangi kadar kholesterol dalam tubuh, khususnya berfungsi untuk mengurangi plak dalam pembuluh darah oleh kholesterol. Serta mampu meningkatkan produksi Oksida Nitrat yang dapat membantu membantu mengurangi pada arteri.

3. Alpukat

Buah yang memiliki bentuk lonjong dan berwarna hijau ini merupakan salah satu buah yang banyak mengandung kholesterol baik atau HDL, sehingga sangat baik untuk meningkatkan kadar HDL dalah darah serta menurunkan kadar LDL atau kholesterol jahat dalam darah. Karena salah satu fungsi HDL adalah untuk mengangkut LDL sehingga tidak menumpuk dalam pembuluh darah yang mengakibatkan penyumbatan.

4. Anggur

Anggur juga sangat baik untuk meningkatkan kadar kholesterol baik dalah darah. Dengan meminum jus anggur secara rutin 2 gelas setiap hari,  dapat menjaga kadar kholesterol baik HDL dalah tubuh.

5. Bawang putih

Bawang putih termasuk dalam golongan rempah-rempah dan merupakan bumbu dapur bagi ibu rumah tangga. Bawang putih sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Usahakan untuk mengkonsumsi satu siung bawang putih setiap hari untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda. Selain dimakan langsung Anda juga bisa mengkonsumsinya dengan memasukkan ke dalam berbagai jenis masakan anda.

6. Aneka olahan kedelai (tahu dan tempe)

Kedua jenis makanan tersebut sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, selain itu juga bisa menjadi sumber protein bagi tubuh.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan yang dimaksud disini seperti misalnya kacang tanah, kenari, almond, serta edamame. Kandungan lemak omega-3 dan antioksidan dalam kacang-kacangan sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.







Minggu, 06 September 2015

Kista ovarium adalah



     Kista ovarium adalah struktur seperti-kantung di dalam ovarium yang berisi zat cair atau zat setengah padat.
     Kista ovarium terbentuk karena berbagai sebab
     Nyeri di perut atau panggul adalah gejala-gejala yang paling umum dari kista ovarium, tetapi kebanyakan tidak menunjukkan gejala.
     Kebanyakan kista didiagnosa dengan pemeriksaan USG atau pemeriksaan fisik.
     Pengobatan dari suatu kista ovarium tergantung pada diagnosis

Apa ovarium dan apa yang kista ovarium?

Ovarium adalah sepasang kelenjar reproduksi pada wanita yang terletak di panggul. Setiap ovarium mempunyai ukuran dan bentuk seperti buah kenari. Ovarium menghasilkan telur (ovum) dan hormon kewanitaan yaitu estrogen dan progesteron.

Ovarium merupakan sumber utama dari hormon pada wanita, yang mengontrol perkembangan karakteristik tubuh wanita seperti payudara, bentuk tubuh, dan rambut tubuh. Hormon tersebut juga mengatur siklus menstruasi dan kehamilan.

Rabu, 29 April 2015

Manfaat kayu manis untuk kesehatan

10 manfaat kayu manis untuk kesehatan tubuh Anda


Baunya yang sangat menggoda mampu memberikan rasa yang luar biasa pada masakan kita. Cinnamon, selain bermanfaat dalam hala masak memasak, juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Manfaat yang ganda. Mari kita lihat satu per satu:





1. Memiliki sifat anti-inflamasi
2. Membantu menghilangkan nyeri haid
3. Mengendalikan kadar glukosa dalam darah
4. Memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur
5. Sumber yang sangat baik dari mineral mangan
6. Membantu  membakar lemak lebih baik dan lebih cepat
7. Melambatkan waktu pengosongan lambung sehingga anda merasa kenyang lebih lama
8. Menetralisir kolesterol "jahat"
9. Membantu melawan sel-sel kanker
10. Membantu  menghilangkan migrain

Begitu banyak manfaat kayu manis bagi kesehatan, jadi jangan lupa untuk menambahkan kayu manis kedalam masakana anda.









Jumat, 24 April 2015

Diet untuk golongan darah A

Makanan yang baik dan tidak baik untuk golongan darah A






Orang dengan golongan darah a rentan terhadap penyakit jantung kanker dan diabetes. Oleh karena itu, sangat penting bagi mereka yang ber golongan darah A untuk mengkonsumsi makanan segar, alami dan organik. Jika seseorang dengan golongan darah A menjalani diet yang sesuai dengan tipe diet golongan darah A, maka tubuhnya akan menjadi langsing secara alami.

Jika anda sudah terbiasa makan daging, maka penurunan berat badan anda akan terjadi lebih cepat, karena tubuh akan megeluarkan makanan-2 yang mengandung racun dari tubuh. Selain itu, sistem kekebalan tubuh juga akan meningkat sehingga perkembangan penyakit yang berbahaya bagi tubuh juga akan terhambat.

Saat seseorang dengan golongan darah A mulai mengkonsumsi daging, tubuh mereka akan terasa lemas dan malas bergerak. Hal ini dikarenakan kadar asam lambung yang rendah sehingga sulit untuk mencerna makanan. Karena hanya sedikit mengkonsumsi daging, maka anda bisa menambahnya dengan mengkonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian. Anda juga bisa menikmati protein nabati yang terdapat pada kedelai dan kacang polong. Kedelai bisa menurunkan produksi insulin, yang merupakan penyebab dari obesitas atau kegemukan dan diabetes. Tahu bisa menjadi makanan utama untuk diet golongan darah ini. Produk-produk susu juga agak sulit dicerna, yang bisa memperlambat metabolismae tubuh. Tapi golongan darah A bisa mentolerir produk susu yang di fermentasi seperti yogurt, kefir, krim tanpa lemak, sertaproduk susu yang telah di kultur.

Sayur-sayuran juga sangat penting bagi orang dengan golongan darah A, sebagai sumber  mineral, enzim dan antioksidan. Tipe golongan darah A sangat sensitif terhadap Lektin yang terdapat pada ubi jalar, kol, tomat dan merica. Makanan ini bisa merusak lambumg mereka yang memang sudah lemah. Seseorang dengan golongan darah A sebaiknya banyak makan buah yang bersifat alkali, menghindari mangga, pepaya, serta jeruk yang tidak bagus bagi saluran pencernaan mereka.

Diet berdasarkan golongan darah










Kamis, 26 Maret 2015

Manfaat mengkonsumsi salad





Sudahkah anda makan salad hari ini?


Cukup satu porsi salad sudah mampu mendatangkan banyak perubahan pada kesehatan anda.

Menyelipkan satu porsi salad di menu harian anda adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa santapan anda cukup bernutrisi. Mengapa demikian? Sebab semangkuk salad mampu melebur beberapa takaran saji buah dan sayuran menjadi satu hidangan yang lezat dan praktis.

Mengandung berbagai manfaat

Disamping praktis salad juga memiliki empat manfaat penting untuk kesehatan.

Kaya serat
Shalat mengandung serat dalam jumlah yang melimpah yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol darah. Para ahli sepakat bahwa makanan yang kaya serat dapat membantu anda merasa kenyang lebih lama mengurangi porsi makan menurunkan berat badan.

Memerangi obesitas
Beberapa penelitian membuktikan bahwa jika anda mengawali aktivitas makan dengan makanan berkalori rendah, misalnya salad hijau yang hanya mengandung 150 kalori, Maka anda akan merasa cepat kenyang, dan asupan kalori total anda akan berkurang.

Kaya akan lemak baik
Mengkonsumsi lemak baik seperti yang lemak tak jenuh tunggal yang banyak ditemukan di dalam minyak zaitun, ditambah dengan sayuran, dapat membantu tubuh menyerap fitokimia bermanfaat seperti lycopene dalam tomat atau lutein dalam sayuran yang berwarna hijau pekat.

Peneliti dari Ohio State University pernah mengukur seberapa baik fitokimia dapat diserap oleh tubuh pada responden memakan salad yang terdiri dari selada, wortel dan bayam yang telah ditambahkan 2 1/2 sendok makan alpukat. Ternyata responden yang mengkonsumsi alpukat mampu menyerap alfa karoten 8 kali lebih banyak dan beta karoten 13 kali labih banyak dibandingkan dengan yang mengkonsumsi salad tanpa tambahan alpukat. Kedua fitokimia tersebut terbukti mampu melindungi tubuh dari serangan jantung dan kanker.

Selain itu minyak zaitun juga berguna untuk mengulur ekspektasi usia. Hal ini dibuktikan oleh sekelompok peneliti dari italia cara menganalisa responden berusia 60 tahun ke atas. Mereka menemukan bahwa pola makan yang banyak mengandung sayuran dengan minyak zaitun katak menurunkan resiko kematian.

Cara membuat salad yang baik


Pertama pilih bahan baku yang masih segar tambahkan dengan rempah-rempah beraroma, lalu tambahkan saus salad bernutrisi. Tidak hanya itu anda juga bisa menambahkan sedikit racikan rahasia untuk menambah pesona salad anda diantaranya:

Keju
Sebagai gudang protein dan kalsium keju akan memperkaya nutrisi didalam salad anda. Pilihlah keju yang rendah lemak atau tanpa lemak dan jangan gunakan terlalu banyak.

Gandum utuh
Beras merah dan pasta dari gandum utuh adalah pilihan yang baik dan bernutrisi untuk melengkapi salad anda.

Polong-polongan
Polong adalah pelengkap terakhir. Tidak hanya kaya akan protein dan serat, polong juga banyak mengandung asam folat, zat besi dan potasium. Selain itu tolong juga rendah lemak, dan hampir tidak mengandung kolesterol.









Senin, 23 Maret 2015

Cara alami menurunkan hipertensi

Asam Glutamik jawaban bagi penderita hipertensi


Penderita hipertensi biasanya sudah pasrah untuk terus menerus bergantung pada obat obatan sepanjang hidupnya. Maklum sampai saat ini obat untuk hipertensi memang belum ditemukan. Tetapi ada alternatif lain untuk membantu para para penderita hipertensi, yaitu  sayuran segar terutama yang berjenis polong-polongan, gandum utuh, dan tahu.





Sekelompok peneliti dibawah pimpinan Jeremiah Stamler membuktikan bahwa suatu jenis asam amino yang banyak terdapat pada polong, gandum tahu yang disebut asam glutamik dapat menurunkan tekanan darah, baik sistolik maupun diastolik.

Penurunannya memang tidak terlalu signifikan. Untuk tekanan darah sistolik misalnya, peningkatan asupan asam glutamik sebanyak 4,72 persen hanya menurunkan tekanan darah sistolik sekitar 1,5 hingga 3 mm Hg. Di sisi lain, dengan peningkatan asupan yang sama, tekanan darah diastolik hanya turun sebanyak 1 hingga 1,6 mm Hg. Tetapi jangan kira hal itu tidak membawa pengaruh.

Stamler yang merupakan seorang profesor emeritus dari Department of Preventive Medicine di Northwestern University Chicago menyebutkan, bila dipandang dari perspektif yang lebih luas, penurunan angka rata-rata tekanan darah sistolik masyarakat sebanyak 2 mmHg saja dapat memngurangi angka kematian akibat stroke sekitar 6 % sekaligus mengurangi kematian akibat penyakit jantung koroner sebanyak 4 %.

Sementara itu menurut Ian J Brown salah seorang penulis dari penelitian yang tergabung dalam Department of Epidemiologi and Public Health di Imperial College London, meskipun sejumlah penelitian pernah membahas kaitan antara protein dalam sayuran dan tekanan darah, namun baru penelitian yang diterbitkan dalam Circulation: Journal of American Healt Association inilah yang mengulas kaitan spesifik antara asam glutamik dengan tekanan darah.

Asam glutamik sendiri merupakan asam amino yang paling umum ditemukan hampir seperempat (23 %) protein yang dikandung sayuran dan nyaris seperlima (18 %) protein hewani merupakan asam glutamik. Oleh karena itu, tidak terlalu sulit sebenarnya untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan asam glutamik.

Disamping itu, suplemen asam glutamik juga sudah banyak beredar di pasaran, namun pengaruh suplementasi terhadap tekanan darah belum diteliti lebih lanjut. Dan itu bukan tanpa alasan.

Pendekatan yang paling tepat untuk mengontrol tekanan darah adalah dengan mengubah pola hidup misalnya dengan mengendalikan berat badan, berolahraga secara teratur dan mengkonsumsi sayur dan buah, Stamler menjelaskan. Bukan dengan mencekoki tubuh dengan suplemen.

Lagipula tak ada satu nutrisi pun yang dapat menjadi peluru ajaib dan menyembuhkan hipertensi dalam sekejap mata tegas Stamler.

Tensigard, Obat Herbal untuk hipertensi

Sebenarnya ada resep tradisional yang dapat digunakan untuk mengendalikan tekanan darah pada penderita hipertensi. Yaitu ramuan yang terdiri dari daun seledri dan daun kumis kucing. Ramuan herbal ini sangat baik untuk penderita hipertensi, sehingga salah satu pabrik farmasi ( saya lupa namanya) membuatnya menjadi obat yang banyak dijual di apotik dan toko obat dengan merek dagang Tensigard.

 So, kalau anda malas untuk meramu sendiri, lebih baik anda membeli Tensigard di apotik. Saya pikir ini lebih aman bagi tubuh karena terdiri dari ramuan herbal alami, walaupun dikemas dalam bentuk kapsul oleh pabrik farmasi.









Jumat, 20 Maret 2015

Diet berdasarkan golongan darah O

Makanan diet menurut golongan darah O

Orang-orang dengan golongan darah O menikmati olahraga fisik yang intens dan protein hewani. Berbeda dengan golongan darah lainnya, golongan darah O sebaiknya hanya mengkonsumsi makanan yang bersifat asam. Jenis golongan darah ini bisa mencerna dan me metabolisme daging secara efisien karena mereka cenderung mempunyai kadar asam lambung yang tinggi.

Kesuksesan diet orang dengan golongan darah O tergantung pada penggunaan daging tanpa lemak dan makanan bebas zat kimia, unggas serta ikan. Produk-produk susu tidak terlalu bersahabat dengan golongan darah O jika dibandingkan dengan golongan darah lainnya.





Golongan darah O bisa menurunkan berat badan dengan cara membatasi konsumsi biji-bijian, roti kacang polong dan kedelai. Faktor utama pemicu pertambahan berat badan bagi golongan darah ini adalah Gluten yang terdapat pada biji gandum dan produk-produk gandum murni.

Gluten ini akan mengganggu kinerja insulin dan memperlambat sistem metabolisme. Selain biji gandum, faktor lain yang juga berpengaruh adalah kedelai dan kacang polong.
Makanan ini mengandung lektin yang akan bertumpuk di jaringan tubuh dan membuat area tersebut kurang berfungsi dalam aktivitas fisik. Faktor lain yang menjadi penyebab bertambahnya berat badan adalah kecenderungan mempunyai kadar hormon tiroid yang rendah atau fungsi tiroid yang tidak stabil. Hal ini bisa menimbulkan masalah masalah metabolisme. Karena itu ada baiknya menghindari makanan yang dapat menghambat produksi hormon tiroid seperti kol dan kol bunga, dan meningkatkan produksi hormon dengan mengkonsumsi rumput laut makanan laut serta garam beryodium.

Beberapa kelompok sayuran bisa menimbulkan masalah besar bagi orang dengan golongan darah O seperti Seperti brassica family (kol dan kol bunga) yang bisa menghambat fungsi tiroid. Perbanyak konsumsi sayuran yang kaya akan vitamin k. Hal ini akan membantu faktor pengentalan darah yang lemah pada golongan darah O.

Karena kadar asam lambung tinggi, jenis golongan darah O sebaiknya makan buah yang bersifat alkali seperti blackberry dan plum. Selain itu ada baiknya membatasi konsumsi produk-produk susu. Sistem tubuh golongan darah O tidak didisain untuk metabolisme produk susu dengan tepat.

Diet berdasarkan golongan darah