Sabtu, 26 November 2016

Melawan kolesterol secara alami

Makanan untuk menurunkan kadar



Banyak jenis makanan yang biasa kita makan setiap hari yang mengandung kolesterol yang tinggi. Meskipun kolesterol dibutuhkan oleh tubuh untuk sintesis hormon tertentu, seperti estrogen, kortisol, progesteron dan vitamin D, terlalu banyak mengonsumsi kholesterol dapat menyebabkan penyakit. Peningkatan kadar kolesterol dalam darah tak dapat disangkal dan tak terbantahkan berkaitan erat dengan penyakit jantung dan stroke.

Pengaruh asupan kolesterol yang tinggi tidak hanya akan terlihat pada perut, paha atau lengan tetapi juga akan terlihat di hampir semua organ tubuh. Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah merupakan ancaman utama bagi kesehatan jantung, pembuluh darah, ginjal, saluran reproduksi (terutama pada perempuan muda) dan otak.

Bagaimana kolesterol mempengaruhi organ-organ tubuh? Kolesterol, setelah diserap di usus, kemudian akan dibawa ke hati untuk diproses. Yang kemudian diangkut ke seluruh sel-sel tubuh. Namun, tidak semua molekul kolesterol ini sampai organ target sasaran- beberapa tertinggal dan disimpan dalam dinding pembuluh darah.
Pada saat kolesterol menumpuk di dinding pembuluh darah, ia akan menyumbat aliran darah. Hal inilah yang kemudian menyebabkan serangkaian peristiwa yang menyebabkan terhentinya aliran darah. Jika aliran darah ke jantung terhambat, serangan jantung akan terjadi. Stroke terjadi jika hal ini terjadi di arteri otak.

Salah satu cara untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah adalah dengan mengurangi asupan makanan yang kaya lemak. Asupan makanan sehat untuk menurunkan kolesterol adalah langkah pertama untuk mencegah berbagai penyakit karena kholesterol yang tinggi. Berikut adalah beberapa makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol darah Anda:


Gandum
Mungkin makanan pertama yang ada dalam pikiran Anda ketika Anda ingin menurunkan berat badan adalah oatmeal. Namun, penggunaan oatmeal tidak hanya terbatas untuk tujuan itu. Beberapa ahli sebenarnya merekomendasikan makanan ini untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Bagaimana makanan ini dapat membantu Anda menurunkan kadar kolesterol Anda?




Oatmeal tidak hanya kaya akan asam lemak omega-3, tetapi juga kaya akan serat. Serat merupakan produk yang tidak larut yang dapat memperbaiki fungsi pencernaan dan mengekskresi kolesterol. Serat secara alami mampu mengikat empedu, yang merupakan emulsifier lemak. Empedu sebagian besar terdiri dari kolesterol; oleh karenanya, ketika serat dan empedu bisa diekskresikan, maka kolesterol pun diekskresikan juga.

Ikan salmon
Makanan lain yang dapat menurunkan kolesterol adalah salmon. Ikan ini, begitu juga dengan tuna, mackerel dan sarden, kaya akan asam lemak omega-3, yang merupakan jenis lemak tak jenuh. Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana jenis lemak dapat bermanfaat untuk tubuh padahal mereka sebenarnya adalah lemak juga! Omega-3 dianggap sebagai lemak yang baik karena membantu penurunan tekanan darah dan menghambat peradangan, yang merupakan salah satu mekanisme yang mendasari serangan jantung.

Alpukat
Anda mungkin sudah mendengar bahwa alpukat kaya akan lemak. Seperti halnya salmon, alpukat mengandung lemak baik, yang membuatnya menjadi makanan yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol. Alpukat kaya beta-sitosterol, lemak nabati yang dapat mencegah penyerapan kolesterol di usus. Selain itu, alpukat juga mengandung kadar HDL Anda, yang juga disebut kolesterol baik.

Masih banyak lagi jenis makanan yang bisa menurunkan kolesterol Anda. Yang harus Anda ingat adalah bahwa makanan yang tinggi serat dan tinggi lemak baik adalah makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Makanan lain yang dapat Anda makan antara lain adalah jeruk, sayuran berdaun hijau, buncis dan kacang-kacangan.








Posting Komentar