Minggu, 13 November 2016

Inilah Beberapa Manfaat Gizi dari Bengkuang yang Sangat Mengesankan

Bengkuang, akar atau umbi yang masih termasuk sayuran, banyak digunakan sebagai bahan utama dalam berbagai hidangan. Selain digunakan sebagai bahan kuliner, sayuran ini juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Berikut ini adalah informasi mengenai nilai gizi yang terkandung dalam bengkuang.

Bengkuang adalah sayuran manis, yang masuk dalam genus Pachyrhizus dan keluarga Fabaceae. Bengkuang adalah anggota dari keluarga kentang, dan umumnya dibudidayakan di Amerika Latin, biasanya di Meksiko dan Amerika Tengah. Juga dikenal sebagai kentang Meksiko atau Mexican yambean). Bengkuang memiliki rasa yang manis seperti buah, dan memiliki tekstur sedikit renyah, berkulit cokelat, berbentuk bulat, seperti lobak, dengan ekor, dan daging berwarna putih mulus. Oleh karena itu, terkadang sayuran ini tampak seperti persilangan antara kentang dan lobak.




Bengkuang dapat baik dikonsumsi dalam keadaan mentah atau dimasak. Dalam bentuk mentah, ia memiliki rasa mirip dengan buah pir atau apel, namun harus dikupas sebelum mengkonsumsi.   kulitnya agak tebal, keras, dan berisi racun organik yang disebut rotenone. Bengkuang memiliki tekstur yang berair, dan di kupas, warna nya tidak berubah atau rusak. Bila dimasak, Bengkuang cenderung untuk menyerap rasa dari bahan-bahan yang dikombinasikan dengan. Oleh karena itu, seringkali Bengkuang berfungsi sebagai pelengkap yang sangat baik untuk berbagai hidangan tumisan. Sekarang mari kita lihat fakta gizi dari sayur bengkuang.

Nilai gizi dari Bengkuang

Bengkuang (100 g), dimasak, direbus, ditiriskan, tanpa garam
Kalori        38 kkal
Air             90,07 g
Serat            4,9 g
Gula total     1,60 g
Total lemak  0,09 g
Karbohidrat  8.82 g
Protein          0,72 g

Mineral
Kalsium 11 mg
Sodium 4 mg
Kalium 135 mg
Magnesium 11 mg
Zinc 0,15 mg
Zat besi 0.57 mg
Fosfor 16 mg


Vitamin
Vitamin A, 1 mg
Vitamin A, 19 IU
Vitamin B6 0.040 mg
Niacin 0.190 mg
Riboflavin 0,028 mg
Thiamin 0,017 mg
Folat 8 pg
Vitamin C 14.1 mg

Lipid

Kolesterol 0 mg

Manfaat gizi dari Bengkuang

  • Karena bengkuang rendah kalori dan lemak, dan tinggi vitamin dan mineral, ia mampu memberikan banyak manfaat gizi, yang beberapa diantaranya tersebut seperti di bawah ini:
  • Karena bengkuang tidak mengandung lemak dan kolesterol, maka bengkuang dapat dimasukkan ke dalam diet yang dirancang untuk menurunkan kadar kolesterol. Bengkuang membantu mengurangi risiko memiliki masalah jantung seperti penyakit jantung koroner, hipertensi, dll. Dan karena tidak mengandung kolesterol, bengkuang membantu mengurangi resiko terkena stroke.
  • Tinggi akan vitamin C. Karenanya, bengkuang merupakan antioksidan yang kuat dan juga berfungsi sebagai anti-inflamasi. Membantu menurunkan gejala asma, seperti nafas berbunyi, terutama pada anak-anak. Dan karena kaya vitamin C, bengkuang sangat membantu dalam menyembuhkan pilek dan flu.
  • Mengatasi Defisiensi vitamin C
  • Bengkuang juga memperkuat struktur kapiler, sehingga mengurangi risiko memiliki kerapuhan atau kerusakan kapiler.
  • Bengkuang kaya akan kalsium dan serat dalam bengkuang mengandung inulin oligofructose. Sayuran ini membantu meningkatkan kesehatan tulang dengan meningkatkan proses penyerapan kalsium dari makanan. Dengan demikian, ia juga menurunkan kemungkinan terkena osteoporosis. Dalam hal hubungannya dengan tulang, maka bengkuang juga dapat memperkuat gigi Anda.
  • Inulin juga mendorong pertumbuhan bakteri baik  dalam usus. Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan usus besar dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  • Sayuran ini memiliki indeks glikemik yang sangat rendah, dan merupakan makanan yang sangat baik bagi penderita diabetes.
  • Sayuran ini sangat baik untuk dimasukkan ke dalam menu diet untuk penurunan berat badan, karena rendah kalori dan rendah lemak.

Singkatnya, bengkuang pada dasarnya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membantu dalam meningkatkan fungsi tubuh secara keseluruhan. Namun, pastikan Anda membeli bengkuang yang berukuran sedang, karena yang berukurang terlalu besar mungkin tidak manis. Pilih umbi yang masih keras dengan akar kering. Bengkuang dengan bintik-bintik basah atau lembut bisa jadi busuk. Bengkuang yang sudah dikupas dan dipotong, dapat disimpan dalam lemari es selama beberapa hari. Sebelum memotong, Anda dapat menyimpan sayuran ini di tempat yang sejuk dan gelap hingga empat minggu.


Baca lebih lanjut di Buzzle: http://www.buzzle.com/articles/jicama-nutritional-benefits.html












Posting Komentar