Sabtu, 23 Juli 2016

Nutrisi memperkuat sistem imun





Bayi dan balita memerlukan nutrisi yang kompleks agar mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan baik serta memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Beberapa nutrisi yang diperlukan oleh bayi untuk pertumbuhan sistem imun mereka antara lain adalah:

1. Lemak
Lemak diperlukan sebagai cadangan energi tubuh. Otak yang sedang tumbuh juga memerlukan lemak dalam takaran yang tepat dan benar. Otak menggunakan 60% dari total energi yang dikonsumsi oleh bayi, dan 60% dari otak itu sendiri adalah jaringan lemak. Sumber lemak terbaik untuk bayi adalah ASI.

2. Karbohidrat
Sebagai sumber energi, karbohidrat juga sangat diperlukan oleh bayi. Sumber Karbohidrat yang baik adalah apel, buncis, kacang polong, ASI,  produk olahan susu, buah segar, pasta, kentang, kacang kedelai, sayuran dan biji-bijian.

3. Protein
Protein adalah zat gizi yang bertanggung jawab pada pertumbuhan, perbaikan dan penggantian jaringan. 

4. Serat
Serat adalah bagian yang tidak dapat dicerna yang terdapat dalam tepung dan buah-buahan, dan merupakan pencahar alami yang membantu pembuangan sisa makanan dari dalam usus. Makanan garing dan kenyal seperti padi-padi an dan polong-polongan adalah contoh serat yang baik. Sumber serat yang lain adalah buah-buahan dan sayuran.

5. Vitamin dan mineral
Kedua  zat gizi ini sangat diperlukan oleh tubuh anak Anda walaupun dalam jumlah yang tidak besar. Ada 13 macam vitamin yang dibutuhkan yaitu A, C, D, E, K dan 8 jenis vitamin B. Sementara itu mineral yang dibutuhkan tubuh terdiri dari kalsium, fosfor dan magnesium (untuk membantu pembentukan tulang yang kuat) zat besi dan tembaga (membangun darah) seng (mendorong kekebalan tubuh) sodium dan potasium (mengatur keseimbangan air dalam tubuh) serta beberapa mineral lain seperti yodium dan mangan.

6. Makanan yang paling bergizi
Menurut dokter William Sears, makanan kaya gizi yang sebaiknya ada dalam menu balita adalah alpukat, brokoli, nasi merah, keju halus, telur, ikan salmon, buncis, mentega, kacang, bubur gandum, pasta, kentang, tahu dan susu.





Posting Komentar