Minggu, 28 Februari 2016

7 Makanan untuk menurunkan kholesterol

Cara alami menurunkan kadar kholesterol






Kholesterol merupakansalah satu jenis lemak dalah tubuh ataujuga dikenal dengan nama lipid, dimana di dalam darah ada 2 macam kholesterol yaitu kholesterol baik (HDL) dan kholesterol jahat (LDL). Normalnya kholesterol memilikibeberapafungsi penting dalam tubuh manusia. Beberapa fungsi tersebut di antaranya adalah sebagai penyusun struktur pada membran sel, melindungi kulit dari racun dan masalah kekeringan, pembentukan vitamin D ( dengan bantuan sinar matahari) dan sebagai pembentuk asam empedu di usus.

Namun pada saat kadar kholesterol jahat atau LDL dalam darah meningkat jumlahnya, hal ini bisa menjadi masalah kesehatan yang serius yang dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti gangguan ereksi, gagal ginjal, penyakit jantung, stroke dan meningkatkan resiko datangnya penyakit Alzheimers.

Untuk menekan kenaikan kadar kholesterol yang jahat dalah darah, ada beberapa jenis makanan yang bisa anda konsumsi untuk mengurangi dan menurunkan kadar kholesterol dalah darah.

Di bawah ini 7 jenis makanan yang berguna untuk menurunkan kadar kholesterol darah:

1. Tomat

Tomat termasuk dalam golongan buah-buahan,mengkonsumsi tomat dapat membantu menurunkan kadar kholesterol jahat dalam darah. Tomat dapat dimakan langsung atau agar lebih sedap, anda dapat membuatnya sebagai jus tomat dan meminumnya 2 gelas setiap sehari.

2. Buah Delima

Buah bulat kecilberwarna merah ini sangat baik untuk mengurangi kadar kholesterol dalam tubuh, khususnya berfungsi untuk mengurangi plak dalam pembuluh darah oleh kholesterol. Serta mampu meningkatkan produksi Oksida Nitrat yang dapat membantu membantu mengurangi pada arteri.

3. Alpukat

Buah yang memiliki bentuk lonjong dan berwarna hijau ini merupakan salah satu buah yang banyak mengandung kholesterol baik atau HDL, sehingga sangat baik untuk meningkatkan kadar HDL dalah darah serta menurunkan kadar LDL atau kholesterol jahat dalam darah. Karena salah satu fungsi HDL adalah untuk mengangkut LDL sehingga tidak menumpuk dalam pembuluh darah yang mengakibatkan penyumbatan.

4. Anggur

Anggur juga sangat baik untuk meningkatkan kadar kholesterol baik dalah darah. Dengan meminum jus anggur secara rutin 2 gelas setiap hari,  dapat menjaga kadar kholesterol baik HDL dalah tubuh.

5. Bawang putih

Bawang putih termasuk dalam golongan rempah-rempah dan merupakan bumbu dapur bagi ibu rumah tangga. Bawang putih sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Usahakan untuk mengkonsumsi satu siung bawang putih setiap hari untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda. Selain dimakan langsung Anda juga bisa mengkonsumsinya dengan memasukkan ke dalam berbagai jenis masakan anda.

6. Aneka olahan kedelai (tahu dan tempe)

Kedua jenis makanan tersebut sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, selain itu juga bisa menjadi sumber protein bagi tubuh.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan yang dimaksud disini seperti misalnya kacang tanah, kenari, almond, serta edamame. Kandungan lemak omega-3 dan antioksidan dalam kacang-kacangan sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.