Kamis, 26 Maret 2015

Manfaat mengkonsumsi salad





Sudahkah anda makan salad hari ini?


Cukup satu porsi salad sudah mampu mendatangkan banyak perubahan pada kesehatan anda.

Menyelipkan satu porsi salad di menu harian anda adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa santapan anda cukup bernutrisi. Mengapa demikian? Sebab semangkuk salad mampu melebur beberapa takaran saji buah dan sayuran menjadi satu hidangan yang lezat dan praktis.

Mengandung berbagai manfaat

Disamping praktis salad juga memiliki empat manfaat penting untuk kesehatan.

Kaya serat
Shalat mengandung serat dalam jumlah yang melimpah yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol darah. Para ahli sepakat bahwa makanan yang kaya serat dapat membantu anda merasa kenyang lebih lama mengurangi porsi makan menurunkan berat badan.

Memerangi obesitas
Beberapa penelitian membuktikan bahwa jika anda mengawali aktivitas makan dengan makanan berkalori rendah, misalnya salad hijau yang hanya mengandung 150 kalori, Maka anda akan merasa cepat kenyang, dan asupan kalori total anda akan berkurang.

Kaya akan lemak baik
Mengkonsumsi lemak baik seperti yang lemak tak jenuh tunggal yang banyak ditemukan di dalam minyak zaitun, ditambah dengan sayuran, dapat membantu tubuh menyerap fitokimia bermanfaat seperti lycopene dalam tomat atau lutein dalam sayuran yang berwarna hijau pekat.

Peneliti dari Ohio State University pernah mengukur seberapa baik fitokimia dapat diserap oleh tubuh pada responden memakan salad yang terdiri dari selada, wortel dan bayam yang telah ditambahkan 2 1/2 sendok makan alpukat. Ternyata responden yang mengkonsumsi alpukat mampu menyerap alfa karoten 8 kali lebih banyak dan beta karoten 13 kali labih banyak dibandingkan dengan yang mengkonsumsi salad tanpa tambahan alpukat. Kedua fitokimia tersebut terbukti mampu melindungi tubuh dari serangan jantung dan kanker.

Selain itu minyak zaitun juga berguna untuk mengulur ekspektasi usia. Hal ini dibuktikan oleh sekelompok peneliti dari italia cara menganalisa responden berusia 60 tahun ke atas. Mereka menemukan bahwa pola makan yang banyak mengandung sayuran dengan minyak zaitun katak menurunkan resiko kematian.

Cara membuat salad yang baik


Pertama pilih bahan baku yang masih segar tambahkan dengan rempah-rempah beraroma, lalu tambahkan saus salad bernutrisi. Tidak hanya itu anda juga bisa menambahkan sedikit racikan rahasia untuk menambah pesona salad anda diantaranya:

Keju
Sebagai gudang protein dan kalsium keju akan memperkaya nutrisi didalam salad anda. Pilihlah keju yang rendah lemak atau tanpa lemak dan jangan gunakan terlalu banyak.

Gandum utuh
Beras merah dan pasta dari gandum utuh adalah pilihan yang baik dan bernutrisi untuk melengkapi salad anda.

Polong-polongan
Polong adalah pelengkap terakhir. Tidak hanya kaya akan protein dan serat, polong juga banyak mengandung asam folat, zat besi dan potasium. Selain itu tolong juga rendah lemak, dan hampir tidak mengandung kolesterol.









Posting Komentar