Kamis, 26 Maret 2015

Manfaat mengkonsumsi salad





Sudahkah anda makan salad hari ini?


Cukup satu porsi salad sudah mampu mendatangkan banyak perubahan pada kesehatan anda.

Menyelipkan satu porsi salad di menu harian anda adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa santapan anda cukup bernutrisi. Mengapa demikian? Sebab semangkuk salad mampu melebur beberapa takaran saji buah dan sayuran menjadi satu hidangan yang lezat dan praktis.

Mengandung berbagai manfaat

Disamping praktis salad juga memiliki empat manfaat penting untuk kesehatan.

Kaya serat
Shalat mengandung serat dalam jumlah yang melimpah yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol darah. Para ahli sepakat bahwa makanan yang kaya serat dapat membantu anda merasa kenyang lebih lama mengurangi porsi makan menurunkan berat badan.

Memerangi obesitas
Beberapa penelitian membuktikan bahwa jika anda mengawali aktivitas makan dengan makanan berkalori rendah, misalnya salad hijau yang hanya mengandung 150 kalori, Maka anda akan merasa cepat kenyang, dan asupan kalori total anda akan berkurang.

Kaya akan lemak baik
Mengkonsumsi lemak baik seperti yang lemak tak jenuh tunggal yang banyak ditemukan di dalam minyak zaitun, ditambah dengan sayuran, dapat membantu tubuh menyerap fitokimia bermanfaat seperti lycopene dalam tomat atau lutein dalam sayuran yang berwarna hijau pekat.

Peneliti dari Ohio State University pernah mengukur seberapa baik fitokimia dapat diserap oleh tubuh pada responden memakan salad yang terdiri dari selada, wortel dan bayam yang telah ditambahkan 2 1/2 sendok makan alpukat. Ternyata responden yang mengkonsumsi alpukat mampu menyerap alfa karoten 8 kali lebih banyak dan beta karoten 13 kali labih banyak dibandingkan dengan yang mengkonsumsi salad tanpa tambahan alpukat. Kedua fitokimia tersebut terbukti mampu melindungi tubuh dari serangan jantung dan kanker.

Selain itu minyak zaitun juga berguna untuk mengulur ekspektasi usia. Hal ini dibuktikan oleh sekelompok peneliti dari italia cara menganalisa responden berusia 60 tahun ke atas. Mereka menemukan bahwa pola makan yang banyak mengandung sayuran dengan minyak zaitun katak menurunkan resiko kematian.

Cara membuat salad yang baik


Pertama pilih bahan baku yang masih segar tambahkan dengan rempah-rempah beraroma, lalu tambahkan saus salad bernutrisi. Tidak hanya itu anda juga bisa menambahkan sedikit racikan rahasia untuk menambah pesona salad anda diantaranya:

Keju
Sebagai gudang protein dan kalsium keju akan memperkaya nutrisi didalam salad anda. Pilihlah keju yang rendah lemak atau tanpa lemak dan jangan gunakan terlalu banyak.

Gandum utuh
Beras merah dan pasta dari gandum utuh adalah pilihan yang baik dan bernutrisi untuk melengkapi salad anda.

Polong-polongan
Polong adalah pelengkap terakhir. Tidak hanya kaya akan protein dan serat, polong juga banyak mengandung asam folat, zat besi dan potasium. Selain itu tolong juga rendah lemak, dan hampir tidak mengandung kolesterol.









Senin, 23 Maret 2015

Cara alami menurunkan hipertensi

Asam Glutamik jawaban bagi penderita hipertensi


Penderita hipertensi biasanya sudah pasrah untuk terus menerus bergantung pada obat obatan sepanjang hidupnya. Maklum sampai saat ini obat untuk hipertensi memang belum ditemukan. Tetapi ada alternatif lain untuk membantu para para penderita hipertensi, yaitu  sayuran segar terutama yang berjenis polong-polongan, gandum utuh, dan tahu.





Sekelompok peneliti dibawah pimpinan Jeremiah Stamler membuktikan bahwa suatu jenis asam amino yang banyak terdapat pada polong, gandum tahu yang disebut asam glutamik dapat menurunkan tekanan darah, baik sistolik maupun diastolik.

Penurunannya memang tidak terlalu signifikan. Untuk tekanan darah sistolik misalnya, peningkatan asupan asam glutamik sebanyak 4,72 persen hanya menurunkan tekanan darah sistolik sekitar 1,5 hingga 3 mm Hg. Di sisi lain, dengan peningkatan asupan yang sama, tekanan darah diastolik hanya turun sebanyak 1 hingga 1,6 mm Hg. Tetapi jangan kira hal itu tidak membawa pengaruh.

Stamler yang merupakan seorang profesor emeritus dari Department of Preventive Medicine di Northwestern University Chicago menyebutkan, bila dipandang dari perspektif yang lebih luas, penurunan angka rata-rata tekanan darah sistolik masyarakat sebanyak 2 mmHg saja dapat memngurangi angka kematian akibat stroke sekitar 6 % sekaligus mengurangi kematian akibat penyakit jantung koroner sebanyak 4 %.

Sementara itu menurut Ian J Brown salah seorang penulis dari penelitian yang tergabung dalam Department of Epidemiologi and Public Health di Imperial College London, meskipun sejumlah penelitian pernah membahas kaitan antara protein dalam sayuran dan tekanan darah, namun baru penelitian yang diterbitkan dalam Circulation: Journal of American Healt Association inilah yang mengulas kaitan spesifik antara asam glutamik dengan tekanan darah.

Asam glutamik sendiri merupakan asam amino yang paling umum ditemukan hampir seperempat (23 %) protein yang dikandung sayuran dan nyaris seperlima (18 %) protein hewani merupakan asam glutamik. Oleh karena itu, tidak terlalu sulit sebenarnya untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan asam glutamik.

Disamping itu, suplemen asam glutamik juga sudah banyak beredar di pasaran, namun pengaruh suplementasi terhadap tekanan darah belum diteliti lebih lanjut. Dan itu bukan tanpa alasan.

Pendekatan yang paling tepat untuk mengontrol tekanan darah adalah dengan mengubah pola hidup misalnya dengan mengendalikan berat badan, berolahraga secara teratur dan mengkonsumsi sayur dan buah, Stamler menjelaskan. Bukan dengan mencekoki tubuh dengan suplemen.

Lagipula tak ada satu nutrisi pun yang dapat menjadi peluru ajaib dan menyembuhkan hipertensi dalam sekejap mata tegas Stamler.

Tensigard, Obat Herbal untuk hipertensi

Sebenarnya ada resep tradisional yang dapat digunakan untuk mengendalikan tekanan darah pada penderita hipertensi. Yaitu ramuan yang terdiri dari daun seledri dan daun kumis kucing. Ramuan herbal ini sangat baik untuk penderita hipertensi, sehingga salah satu pabrik farmasi ( saya lupa namanya) membuatnya menjadi obat yang banyak dijual di apotik dan toko obat dengan merek dagang Tensigard.

 So, kalau anda malas untuk meramu sendiri, lebih baik anda membeli Tensigard di apotik. Saya pikir ini lebih aman bagi tubuh karena terdiri dari ramuan herbal alami, walaupun dikemas dalam bentuk kapsul oleh pabrik farmasi.









Jumat, 20 Maret 2015

Diet berdasarkan golongan darah O

Makanan diet menurut golongan darah O

Orang-orang dengan golongan darah O menikmati olahraga fisik yang intens dan protein hewani. Berbeda dengan golongan darah lainnya, golongan darah O sebaiknya hanya mengkonsumsi makanan yang bersifat asam. Jenis golongan darah ini bisa mencerna dan me metabolisme daging secara efisien karena mereka cenderung mempunyai kadar asam lambung yang tinggi.

Kesuksesan diet orang dengan golongan darah O tergantung pada penggunaan daging tanpa lemak dan makanan bebas zat kimia, unggas serta ikan. Produk-produk susu tidak terlalu bersahabat dengan golongan darah O jika dibandingkan dengan golongan darah lainnya.





Golongan darah O bisa menurunkan berat badan dengan cara membatasi konsumsi biji-bijian, roti kacang polong dan kedelai. Faktor utama pemicu pertambahan berat badan bagi golongan darah ini adalah Gluten yang terdapat pada biji gandum dan produk-produk gandum murni.

Gluten ini akan mengganggu kinerja insulin dan memperlambat sistem metabolisme. Selain biji gandum, faktor lain yang juga berpengaruh adalah kedelai dan kacang polong.
Makanan ini mengandung lektin yang akan bertumpuk di jaringan tubuh dan membuat area tersebut kurang berfungsi dalam aktivitas fisik. Faktor lain yang menjadi penyebab bertambahnya berat badan adalah kecenderungan mempunyai kadar hormon tiroid yang rendah atau fungsi tiroid yang tidak stabil. Hal ini bisa menimbulkan masalah masalah metabolisme. Karena itu ada baiknya menghindari makanan yang dapat menghambat produksi hormon tiroid seperti kol dan kol bunga, dan meningkatkan produksi hormon dengan mengkonsumsi rumput laut makanan laut serta garam beryodium.

Beberapa kelompok sayuran bisa menimbulkan masalah besar bagi orang dengan golongan darah O seperti Seperti brassica family (kol dan kol bunga) yang bisa menghambat fungsi tiroid. Perbanyak konsumsi sayuran yang kaya akan vitamin k. Hal ini akan membantu faktor pengentalan darah yang lemah pada golongan darah O.

Karena kadar asam lambung tinggi, jenis golongan darah O sebaiknya makan buah yang bersifat alkali seperti blackberry dan plum. Selain itu ada baiknya membatasi konsumsi produk-produk susu. Sistem tubuh golongan darah O tidak didisain untuk metabolisme produk susu dengan tepat.

Diet berdasarkan golongan darah









Selasa, 17 Maret 2015

Cara membuat masker tomat

Dapatkan wajah bersih berseri dengan masker tomat





Kita semua tahu bahwa tomat lezat dan menyehatkan. Tapi tahukah anda bahwa tomat juga dapat digunakan untuk berbagai macam perawatan kulit. Kandungannya yang kaya akan vitamin dan antioksidan, membuat tomat sangat ideal untuk mengencangkan kulit, memerangi jerawat dan anti flek pada wajah. Kandungan air dalam tomat juga dapat menyejukkan kulit yang bermasalah dan juga mengandung zat yang dapat menghilangkan kotoran dan minyak.


Jika Anda memiliki tomat lebih di tempat penyimpanan anda di dapur, Anda sudah memiliki semua yang Anda butuhkan untuk membuat masker wajah alami. Tomat cukup lembut untuk kulit dan Anda dapat menggunakannya setiap hari. Hal ini sangat efektif untuk memerangi jerawat dan berbagai masalah pada kulit wajah!

 

Cara membuat masker dari tomat

 



1. Cuci tomat dengan bawah dingin dan mengalir.

2. Tempatkan tomat dalam mangkuk dan tekan dengan garpu.

3. Oleskan tomat yang sudah lumat pada wajah dan leher, jangan lupa untuk memberikan perhatian lebih pada daerah-daerah yang ada komedo dan pori-pori tersumbat.

4. Biarkan masker tomat tersebut di wajah Anda selama 20-60 menit.

5. Bilas wajah Anda secara menyeluruh dengan air hangat. Jika Anda cenderung memiliki kulit kering, oleskan lotion tak berminyak tipis-tipis saja.







Sabtu, 14 Maret 2015

Diet menurut golongan darah

Diet sehat berdasarkan golongan darah






Golongan darah berkaitan erat dengan makanan yang kita konsumsi, karena akan terjadi reaksi kimia antara darah dengan makanan yang kita makan. Reaksi ini merupakan bagian dari warisan genetik. Reaksi ini dipicu oleh adanya lectin yang merupakan sejumlah protein berbeda yang terdapat di dalam makanan.

Lectin mengandung zat perekat aglutinin yang bisa mempengaruhi darah. Jadi saat mengkonsumsi makanan yang mengandung protein lectin yang tidak sesuai dengan tipe antigen darah, lectin akan menyerang organ atau sistem tubuh dan mulai merekatkan sel-sel tubuh di area tersebut

Untungnya sebagian besar lectin yang terdapat pada makanan tidak membahayakan bagi kehidupan. Tetapi tetap bisa menimbulkan berbagai masalah, khususnya jika lectin tersebut khusus untuk jenis darah tertentu.

Sebagian besar sistem kekebalan tubuh akan melindungi tubuh kita dari lectin. Lectin yang diserap

akan dilemahkan oleh tubuh. Tetapi paling tidak 5 % dari lectin yang anda makan akan terus masuk ke dalam aliran darah akan menimbulkan reaksi yang beragam di setiap organ yang berbeda.

Tapi setiap orang bisa mengatasi hal ini dengan cara menyesuaikan golongan darah mereka dengan makanan yang mereka makan. Diet sesuai golongan darah bisa mengembalikan ritme alami di tubuh.

Anda bisa mengikuti diet yang telah secara alami disusun sesuai profil sel tubuh anda. Setiap kelompok makanan dibagi menjadi 3 kategori yaitu makanan yang sangat bermanfaat (makanan yang berperan sebagai obat), makanan yang diijinkan (makanan yang tidak membahayakan bagi jenis golongan darah tertentu) dan makanan yang tidak diijinkan (makanan yang bersifat sebagai racun).

Untuk memilih makanan yang paling tepat, yang sesuai dengan golongan darah, berikut ini adalah 4 jenis diet berdasarkan golongan darah yang bisa anda jadikan panduan.


Diet berdasarkan golongan darah