Senin, 16 Februari 2015

Cara membangun otot-otot tubuh

Bagaimana cara memperbesar otot






Tips tentang cara membangun otot adalah hal yang banyak dicari oleh orang-orang yang ingin memiliki tubuh atletis dan berotot. Berbagai cara mereka lakukan, dari cara tradisional hingga penggunaan obat-obatan (steroid anabolik, Tribulus terrestris, dll), peralatan fitness, atau menyewa instruktur kebugaran.

Memang, dengan bantuan suplemen dan testosteron sintetis, keinginan mereka akan dapat terpenuhi lebih cepat jika disertai dengan latihan yang intensif. Namun, selain efek samping yang buruk, bagi mereka yang tidak memiliki banyak uang, membuat mereka lebih memilih cara tradisional untuk membangun otot mereka.

Untuk itu, cobalah untuk melakukan hal-hal berikut:


1. Konsumsi cukup air (air mineral)

Karena salah satu khasiat air adalah meningkatkan produksi testosteron. Testosteron adalah hormon seks yang memiliki peran penting bagi pria dalam hal fungsi seksual, produksi sperma, pembentukan otot, dan intonasi suara. Rendahnya tingkat hormon ini dalam tubuh laki-laki dapat menyebabkan seseorang mengalami kelelahan kronis, gangguan ereksi, depresi, postur tubuh yang kurang kuat dan kurang memiliki kemampuan fisik.

2. Tidur malam tidak boleh kurang dari 5 jam

membangun-otot
Karena menurut studi yang dilaporkan di situs Zeenews.com, orang yang tidur kurang dari 5 jam setiap malam selama seminggu, memiliki kadar testosteron yang lebih rendah dibandingkan laki-laki yang tidur cukup pada malam hari.

3. Memenuhi kebutuhan gizi

Jika tujuannya adalah untuk membangun otot tubuh, maka menu makanan seperti kacang-kacangan, gandum, keju, dan bayam harus diperbanyak, karena makanan ini diyakini dapat meningkatkan kejantanan pria. Dan jangan lupa untuk untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan Zync, karena salah satu fungsi Zync adalah sebagai aromatase inhibitor (mencegah testosteron dikonversi ke estrogen / hormon perempuan). Kekurangan Zync juga dapat menyebabkan hipogonadisme.

3. Rajin melakukan latihan push up.

Meskipun terlihat sepele, tapi latihan push-up memiliki manfaat yang luar biasa. Diantaranya adalah untuk meningkatkan kadar testosteron. Catatan: jika Anda melakukan push up, jangan menunduk, namun kepala harus mengarah ke depan atau ke samping agar tidak membahayakan mata.

Berikut adalah beberapa manfaat push up, yang saya kutip dari detikhealth:

  • Mengencangkan otot
    Menurut sebuah studi tahun 1998 yang dilakukan oleh peneliti dari Penn State University dan dipublikasikan dalam Journal of Strength and Conditioning Research, testosteron konsisten dalam merespon otot.

    Ketika push up, kita menggunakan otot-otot besar di bagian dada, yang merupakan kelompok otot besar deltoid di bahu dan trisep. Juga otot lain, termasuk otot perut yang bertindak sebagai stabilisator.
  • Mencegah osteoporosis
    Menurut Hormone Foundation, rendahnya tingkat testosteron mungkin akan menyebabkan hilangnya kepadatan tulang dari waktu ke waktu dan menyebabkan osteoporosis pada pria.

    Rendahnya tingkat testosteron juga dapat menyebabkan hilangnya massa otot dan kekuatan otot secara keseluruhan, dan atrofi otot dari waktu ke waktu.
  • Panjang umur
    Sebuah studi pada tahun 2008 yang dilakukan oleh peneliti dari University of Greifswald di Jerman menunjukkan bahwa tingkat testosteron yang rendah dapat meningkatkan risiko diabetes, hipertensi, obesitas dan bahkan kematian.

    Studi ini diikuti oleh partisipan selama lebih dari tujuh tahun dan ditemukan bahwa pria dengan kadar testosteron rendah 2,5 kali lebih mungkin untuk meninggal lebih awal dibandingkan dengan tingkat testosteron lebih tinggi, terlepas dari  kebiasaan merokok, konsumsi alkohol atau usia.
  • Menghilangkan perut buncit
    Peneliti dari Rush University Medical Center melakukan penelitian pada tahun 2009, dan dipublikasikan dalam jurnal Obesitas, mereka menemukan bahwa tingkat testosteron yang rendah dan berfluktuasi pada wanita menopause dapat mengakumulasi lemak visceral. Lemak visceral merupakan lemak yang menumpuk di dalam dan sekitar organ vital di dekat pinggang.

4. Rajin latihan sit up untuk membangun perut otot .

5. Untuk membentuk otot kaki, anda bisa melatih dengan jogging, bersepeda, dan Squat jump.





Posting Komentar