Jumat, 12 Desember 2014

Pengaruh minum kopi bagi kesuburan wanita

Konsumsi kopi secara berlebihan dapat mengganggu kesuburanpada wanita


Pengaruh kopi bagi kesuburan. Kafein, seperti yang kita semua tahu dapat ditemukan dalam kopi, teh, coca-cola, coklat, dan beberapa obat tertentu. Kafein memiliki efek stimulan, dapat meningkatkan denyut jantung, rasa mual, kecemasan dan depresi. Penelitian terbaru menyatakan bahwa mengkonsumsi kafein dapat membuat seorang wanita mengalami kesulitan untuk mendapatkan kehamilan.





Dengan menganalisis saluran tuba pada tikus, para peneliti menemukan bahwa kafein dapat mengganggu kontraksi otot yang membantu memindahkan sel telur dari ovarium ke dalam tuba falopi dan kemudian ke dalam rahim, yang merupakan proses yang sangat penting untuk sebuah kehamilan.

pengaruh-kopi-bagi-kesuburan
"Penelitian ini memang kami lakukan pada tikus, tetapi melalui penemuan ini, kami berharap temuan ini bisa menjelaskan mengapa wanita yang mengkonsumsi minuman berkafein dalam takaran yang tinggi dapat mengurangi kemungkinan mereka untuk bisa hamil," kata Sean Ward, profesor dari University of Nevada School of Medicine.

"Studi ini memberikan penjelasan menarik tentang mengapa wanita yang mengkonsumsi kafein dalam jumlah tinggi, seringkali membutuhkan waktu yang lama untuk bisa hamil daripada wanita yang tidak mengonsumsi kafein," tambah Ward.

efek-kopi-pada-kesuburan-wanita
Para peneliti juga mengatakan bahwa penemuan ini, yang diterbitkan 26 Mei 2011 di British Journal of Pharmacology, bisa memberikan pemahaman lebih lanjut mengenai pengobatan atau terapi pada seseorang yang mengalami infertilitas dan pada beberapa komplikasi kehamilan.

Sebelumnya, para ilmuwan menduga bahwa perpindahan sel telur ke dalam tuba falopi dibantu oleh rambut seperti silia, tetapi kami juga memperkirakan bahwa ada sel-sel khusus yang bertugas untuk membuka jalan atau sebagai sel pionir yang mengkoordinir kontraksi usus yang mendorong telur ke dalam tuba falopi .





Posting Komentar