Sabtu, 13 Desember 2014

Jenis-jenis teh dan khasiatnya atau kegunaannya

Jenis-jenis teh dan khasiatnya untuk kesehatan






Minum teh adalah pilihan bagi mereka yang ingin santai dan tenang, terutama saat cuaca dingin. Kandungan dalam teh herbal dapat mengurangi stres dan mengatasi berbagai masalah kesehatan. Apa manfaat teh bagi kesehatan? Berikut tujuh jenis teh berkhasiat yang bisa menjadi pilihan Anda.

Chamomile


Teh bunga chamomile berguna untuk menenangkan perut dan pikiran. Teh dengan rasa halus ini mengandung minyak yang berguna untuk melemaskan otot-otot halus di perut. Tiga cangkir teh sehari dapat meredakan gangguan pencernaan, gangguan usus, dan kolitis. Pilih teh yang terbuat dari 100 persen bunga chamomile yang biasanya memiliki aroma bunga chamomile yang segar dan kuat. Gunakan satu sendok teh per satu cangkir air mendidih. Konsumsilah selama dua bulan atau lebih untuk mengatasi gangguan kronis.

Lemon Balm

chamomile-tea
Chamomile Tea
Teh ini berguna untuk mengurangi kecemasan dan kegelisahan. Herbal dengan aroma jeruk segar ini mampu membantu meredakan ketegangan, kecemasan dan depresi ringan. Cobalah untuk menenangkan diri dengan secangkir teh sebelum tidur. Teh ini juga merupakan cara yang efektif untuk mengundang tidur. Pilih daun segar atau kering  lemon balm dengan aroma lemon dan rasa mint yang kuat. Gunakan satu sendok teh daun per satu cangkir air mendidih dan minum bila diperlukan.

Passion flower
Berguna bagi Anda yang mengalami gangguan tidur. Tanaman ini dapat membantu Anda tidur nyenyak. Bunga, batang dan daun tanaman ini mengandung zat yang terbukti bertindak sebagai obat penenang ringan. Para ahli herbal merekomendasikan tanaman ini sebagai pengobatan utama untuk mengatasi insomnia. Gunakan satu sendok teh herbal kering per satu cangkir air panas.

Daun mint

Passion-flower
Passion flower
Cara yang ampuh untuk membantu menghilangkan masalah pencernaan adalah dengan memanfaatkan daun mentol atau mint. Mint segar atau kering adalah cara super untuk meredakan gangguan pencernaan atau masalah gas yang memicu munculnya mual dan muntah. Gunakan satu sendok makan daun mint (atau lebih sesuai selera) per satu cangkir air mendidih.

Rosemary


Mampu meredakan sakit kepala. Herbal aromatik ini dapat menghentikan sakit kepala yang berhubungan dengan stres. Rosemary menjaga pembuluh darah tetap lebar, sehingga mencegah sakit kepala akibat penyempitan pembuluh darah yang disebabkan stres. Gunakan satu sendok teh rosemary kering per satu cangkir air mendidih.

Sage


Sage bisa diseduh jika Anda merasa kurang fit karena keringat di malam hari. Minum Sage merupakan satu cara yang dapat membuat Anda rileks dan tidur nyenyak. Gunakan empat sendok makan kering Sage per satu cangkir air mendidih. Tutup rapat dan biarkan selama empat jam atau lebih. Saring dan teh siap untuk diminum.

teh-rosemary

Rosemary tea

Thyme


Sangat berguna untuk mengurangi batuk, radang pada saluran pernafasan dan sinusitis. Bau teh mampu mengendorkan kekakuan saluran pernapasan, yang meimbulkan batuk karena udara dingin atau radang saluran napas. Gunakan dua sendok teh thyme kering per cangkir air mendidih, diseduh selama 10 menit, dan minum tiga kali sehari.

Teh hijau


Sebuah penelitian di Jepang menunjukkan bahwa pria yang minum teh hijau secara teratur memiliki kadar kolesterol lebih rendah daripada mereka yang tidak meminumnya. Penelitian di Spanyol dan Inggris juga menunjukkan bahwa tingkat epigallocatechin-3-gallate (ECGC) dalam teh hijau dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, daun dengan nama latin Camellia Sinensis secara klinis terbukti mampu mencegah serangan influenza.

Daun Teh hijau mengandung flavonoid yang bisa memperkuat gigi, melawan bakteri di dalam mulut sehingga dapat mencegah bau mulut, mencegah pembentukan plak gigi, menghambat dan mencegah infeksi tenggorokan.

Teh hijau juga membantu mengurangi gejala keracunan makanan dan mencegah penyakit kulit, karena teh hijau juga mengandung antioksidan. Katekin dalam teh hijau berasal dari polifenol yang merupakan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan. Kadar katekin mempengaruhi rasa teh hijau. Semakin tinggi kadar katekin, semakin tinggi rasa pahit dan sepat yang terasa. Selain dikonsumsi, teh hijau juga biasa digunakan untuk bahan kosmetik, seperti pembersih wajah, sabun  dan bahkan parfum.





Posting Komentar