Minggu, 09 November 2014

Okinawa Program / Diet Okinawa

Langsing dan sehat dengan Program Okinawa






Program Okinawa terinspirasi oleh kebiasaan hidup penduduk di kepulauan Okinawa. Warga Okinawa adalah orang-orang yang panjang umur dan selalu sehat, tanpa penyakit jantung, kanker dan penyakit kronis lainnya. Program Okinawa ini didasarkan pada penelitian pada kebiasaan hidup penduduk di Okinawa. Selama 25 tahun terakhir oleh J. Badley Willcox, MD, MSc, dari Division on Aging di Harvard Medical School, bersama saudara kembar nya D. Craig Willcox Ph.D., gerontolos dan antropolog, Okinawa Cenetarian Studi, dan Makato Suzuki MD. , PhD., ahli jantung geriatri, dari Okinawa International University. Penelitian ini meliputi pola makan, senam kebugaran, bagaimana cara mereka mengatasi stres, serta keberhasilan warga Okinawa dalam menggabungkan cara-cara Barat dan Timur untuk menjaga kesehatan mereka.

Prinsip dasar dari diet Okinawa disebut Nuchi Cusui, yang mengacu pada keseimbangan dalam tiga hal, yaitu: tinggi karbohidrat, rendah kalori dan berasal dari tanaman. Sepintas diet ini mirip dengan diet piramida makanan seperti yang diterapkan oleh warga Amerika Serikat (AS Daily Allowance). Namun Nuchi Gusui dengan jelas membagi antara makanan yang boleh dimakan setiap hari, dan yang hanya boleh dimakan seminggu sekali. Dengan demikian akan lebih mudah bagi Anda untuk mengetahui apakah Anda sering makan makanan tertentu atau tidak.

Makanan yang termasuk kelompok 'makanan harian' adalah nasi, roti, mie, sayuran, buah-buahan, makanan yang mengandung flavonoid dan kalsium, omega 3, minyak sayur dan rempah-rempah. Sementara makanan yang dimakan mingguan adalah daging, unggas, telur dan makanan manis. Pada dasarnya, diet Okinawa memperbolehkan Anda memakan semua jenis makanan, tapi dalam jumlah yang tidak berlebihan dan harus seimbang.

Hal-hal yang dijanjikan oleh Program Okinawa


Keseimbangan antara makanan tinggi karbohidrat, rendah kalori dan makanan yang bersumber dari tumbuhan akan membuat tubuh Anda tetap langsing, awet muda dan terhindar dari risiko penyakit jantung, stroke dan kanker.

Penggunaan minyak canola yang mengandung lemak tak jenuh yang tinggi untuk memasak, juga dapat menekan kadar 'kolesterol jahat' (LDL). Program Okinawa juga dilengkapi dengan berbagai aktivitas fisik. Yang paling populer adalah senam tai chi. Olahraga ini adalah kombinasi antara kekuatan dan jiwa. Dengan demikian Anda tidak hanya akan mendapatkan tubuh langsing, tetapi juga akan selalu merasa lebih bugar, lebih percaya diri, dan bebas dari stres.

Kekurangan dari program Okinawa


- Program Okinawa memang tampak sangat ideal, tetapi bagi mereka yang tinggal di kota, yang segalanya dituntut serba cepat dan praktis, mungkin akan sedikit rumit. Dibutuhkan waktu khusus untuk menyiapkan makanan, karena banyak jenis makanan yang harus dikonsumsi setiap hari dengan porsi yang sudah ditetapkan.

- Penggunaan minyak canola kurang umum, dan harganya juga cukup mahal bila dibandingkan dengan minyak kelapa.

Tips untuk berhasil dalam menjalankan program Okinawa


- Kesabaran adalah kunci sukses dalam menjalankan program ini. Jika Anda melakukan seluruh program sekaligus, akan sulit bagi Anda. Tapi Anda bisa melakukannya secara bertahap. Misalnya, mulai dengan mengikuti pola makan mereka. Jika sudah mahir, Anda dapat melanjutkan dengan program yang lain, seperti aktivitas fisik atau cara mengelola stres.







Posting Komentar