Rabu, 12 November 2014

Manfaat minyak ikan bagi kesehatan

Manfaat kesehatan dari minyak ikan






Bukan rahasia lagi bahwa minyak ikan mampu mengurangi peradangan dan membantu kesehatan pencernaan. Tapi ada beberapa hal yang mungkin tidak Anda ketahui adalah bahwa manfaat dari minyak ikan lebih banyaklagi, mulai dari menjaga kepadatan tulang, membakar lemak dan meningkatkan kekuatan otak. Berikut ini adalah enam hal yang mungkin anda tidak tahu tentang minyak ikan:

1. Melindungi diri anda dari polusi udara

Salah satu dari sekian banyak manfaat dari minyak ikan adalah melindungi jantung Anda dari polusi udara. Menurut sebuah studi di AS yang diterbitkan pada tahun 2012 yang dilakukan pada dua puluh sembilan relawan setengah baya. Mereka dibagi mejadi 2 kelompok. Satu kelompok menerima tiga gram minyak ikan dan yang lain diberikan plasebo setiap hari selama empat minggu dan kemudian mereka dipaparkan pada udara yang tidak bersih selama dua jam.

Para peneliti menemukan bahwa mereka yang menerima minyak ikan mendapatkan efek negatif yang tidak sama dengan mereka yang hanya menerima plasebo. Suplemen kaya asam lemak omega - 3 ini ternyata mampu memberikan perlindungan terhadap efek buruk pada jantung dan lipid yang terkait dengan paparan polusi udara. Ini menjadi alasan bahwa minyak ikan sangat diperlukan bagi mereka terutama yang tinggal di kota.

2. Mengurangi gejala osteoarthritis

manfaat-minyak-ikan-omega-3
Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh University of Bristol, asam lemak omega - 3 yang terdapat dalam minyak ikan secara signifikan dapat mengurangi tanda-tanda dan gejala osteoarthritis.

3. Menghambat proses penuaan

Semakin meningkat bukti yang menunjukkan bahwa pemendekan telomere (DNA yang ada di ujung kromosom) dapat menghambat fungsi stem cell dan regenerasi sel yang menyebabkan penuaan yang tidak sehat. Sebuah studi 2010 menunjukkan hubungan antara kadar minyak ikan dan kecepatan pemendekan telomere selama lima tahun. Hal menjelaskan efek perlindungan asam lemak omega - 3 terhadap proses penuaan.

4. Meningkatkan pembakaran lemak

Ketika Peter Howe dan rekan-rekannya di University of South Australia mempelajari efek dari diet dan olahraga untuk tubuh, mereka menemukan bahwa suplemen minyak ikan dan olahraga adalah kombinasi yang ampuh untuk menghilangkan lemak. Selama studi, orang dewasa yang kelebihan berat badan dan obesitas dengan sindrom metabolik, dengan risiko yang lebih tinggi terkena penyakit jantung,  mengkonsumsi asam lemak omega - 3 yang berasal dari minyak ikan setiap hari dalam kombinasi dengan olahraga aerobik sedang tiga kali seminggu selama 12 minggu.
Lemak tubuh yang tersimpan dalam tubuh, khususnya di perut berkurang secara signifikan pada kelompok yang menerima minyak ikan bersama dengan aktivitas fisik, tetapi tidak pada orang-orang yang menggunakan minyak ikan atau latihan saja. Kemampuan sensitifitas insulin dari DHA, manfaat anti-inflamasi dari EPA, dan kemampuannya dalam membakar lemak, membuat suplemen minyak ikan menjadi pilihan.

5. Meningkatkan Kekuatan otak dan memori

manfaat-minyak-ikan-bagi-kesehatan
Para peneliti telah menemukan korelasi positif antara suplemen minyak ikan dan kognitif dan perbedaan struktur otak antara pengguna dan non-pengguna suplemen minyak ikan. Dibandingkan dengan non-pengguna, pengguna suplemen minyak ikan mempunyai fungsi kognitif yang lebih baik selama penelitian.

Ini adalah penemuan yang unik, bahwa ada hubungan yang jelas antara minyak ikan dan kualitas otak di dua area penting di otak yang digunakan dalam proses memori dan berpikir (korteks serebral dan hipokampus). Dengan kata lain, penggunaan minyak ikan berhubungan dengan penyusutan otak yang lebih sedikit pada pasien yang memakai suplemen ini. Diet yang rendah akan asam lemak omega-3, dapat menyebabkan proses penuaan otak yang lebih cepat dan kehilangan beberapa memori serta kemampuan berpikir. Tambahkan minyak ikan ke daftar suplemen harian Anda untuk menjaga agar otak anda tetap sehat sepanjang tahun.

6. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Ketika bicara tentang pemeliharaan kepadatan tulang, tidak seharusnya Anda hanya mengkonsumsi suplemen kalsium, vitamin D dan magnesium. DHA dalam asam lemak Omega 3 sangat penting untuk kesehatan tulang. Para peneliti membandingkan reaksi omega-6 DPA dan omega-3 DHA dalam pertumbuhan tulang panjang pada tikus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tikus yang diberi makan omega-6 memiliki kepadatan tulang dan mineral yang lebih rendah dibandingkan dengan tikus yang diberi diet dengan dilengkapi dengan omega-3.

referensi:

Natasha Turner, N.D





Posting Komentar