Rabu, 24 September 2014

Tips menjaga kesehatan mata

Beberapa tips menjaga kesehatan mata agar mata sehat





Beberapa hal berikut ini dapat ditempuh sebagai ikhtiar untuk menjaga kesehatan mata secara umum :
  • Makan makanan yang banyak mengandung vitamin A,C, dan E yang berkhasiat sebagai antioksidan, yang dapat dijumpai pada bahan makanan alami maupun suplemen.
    1. Vitamin C dapat diperoleh dengan mengonsumsi buah segar berwarna kuning atau merah, seperti jambu biji, jeruk, tomat, dan anggur serta sayuran hijau seperti brokoli dan bayam. 
    2. Vitamin E banyak terdapat pada kacang-kacangan, sayur dan buah. 
    3. Suplemen antioksidan bukan merupakan keharusan untuk dikonsumsi bila tubuh dapat memenuhi kebutuhan dari makanan sehari-hari.
  • Mengurangi pajanan atau kontak dengan radikal bebas (polusi udara, asap rokok, radiasi TV, radiasi komputer, bahan-bahan kimia, dan kesibukan hidup yang tinggi).
  • Jika mengidap penyakit seperti diabetes mellitus (kencing manis), hipertensi (tekanan darah tinggi), atau kadar asam urat tinggi hendaknya sering berkonsultasi dengan dokter dan melakukan pemeriksaan rutin supaya penyakitnya tidak makin memburuk dan ikut mempengaruhi organ mata.
  • Jika Anda termasuk orang yang sering beraktivitas di luar ruangan, gunakan kacamata berlensa gelap yang dapat melindungi mata dari paparan sinar matahari langsung, debu, dan kotoran.








Posting Komentar