Sabtu, 13 September 2014

Manfaat Teh Hijau Cina

Manfaat Teh Hijau Cina untuk Menurunkan  Berat Badan







Bagi kebanyakan orang, teh hijau Cina adalah suatu legenda. Cina teh hijau telah dikenal sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Selama ribuan tahun, teh hijau Cina telah dibicarakan dan ditulis karena efek positifnya yang tak terhitung jumlahnya.

Menurut legenda, orang pertama yang pernah mencicipi teh hijau Cina adalah Kaisar Shen Nung pada tahun 2737 SM. Dikisahkan bahwa ketika ia merebus air untuk minum, beberapa daun jatuh ke dalam panci dari pohon yang berada di dekatnya. Dan rebusan air tersebut menjadi berbau harum dan terasa nikmat ketika diminum. Maka Shen Nung kemudian mendesak rakyatnya untuk meminumnya. Ketenaran teh hijau Cina tidak hanya terkanal di cina saja. Diyakini bahwa pada tahun 800 M, Cina teh hijau dibawa ke Jepang oleh seorang biarawan yang pada waktu itu belajar Buddhisme di Cina.


Apa yang membuat teh hijau Cina berbeda dibandingkan teh  lainnya?


Teh hijau Cina dihasilkan dari tanaman Camellia sinensis, tanaman yang sama di mana teh oolong dan teh hitam berasal. Meskipun semua berasal dari tanaman yang sama, namun teh hijau Cina benar-benar mempunyai keunggulan tersendiri sebagai minuman kesehatan yang luar biasa. Jadi apa yang membuat teh hijau Cina berbeda?

Perbedaannya terletak pada cara pengolahannya. Pengolahan teh oolong dan teh hitam secara tradisional adalah dengan cara dioksidasi dan kemudian dikeringkan, sedangkan daun teh hijau Cina dikukus dan kemudian dikeringkan.

Teh Hijau Cina untuk Kesehatan

Teh hijau
Sudah umum diketahui bahwa teh hijau Cina memiliki beberapa manfaat kesehatan, dan para ilmuwan modern mampu memberikan bukti konkret mengenai beberapa efek positif dari teh hijau Cina. Antioksidan didalam teh hijau Cina dikatakan sangat efektif yang membuat teh hijau Cina sangat bermanfaat.

Temuan terbaru menunjukkan bahwa antioksidan dalam teh hijau Cina dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh seseorang, dapat memperbaiki fungsi pembuluh darah, dan dapat mengurangi lemak darah. Telah ditemukan pula bahwa teh hijau Cina memiliki efek anti-inflamasi dan dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular.

Teh Hijau Cina untuk Menurunkan Berat Badan

Manfaat teh hijau
Penemuan terbaik adalah tentang manfaat teh hijau Cina dalam penurunan berat badan. Menurut para peneliti dari Universitas Jenewa, teh hijau Cina memiliki sifat thermogenik yang banyak membantu dalam penurunan berat badan. Dalam studi tersebut, mereka menyelidiki manfaat teh hijau Cina untuk penurunan berat badan dengan mengamati interaksi antara kafein dalam teh hijau Cina dan sebuah senyawa yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG). Bila kedua zat dalam teh hijau Cina tersebut berinteraksi, thermogenesis tubuh akan meningkat sebesar empat persen. Kemampuan teh hijau Cina untuk meningkatkan tingkat metabolisme ini telah memberikan alasan pada banyak orang untuk percaya bahwa teh hijau Cina  juga memiliki manfaat untuk penurunan berat badan.

Penelitian lain juga telah dilakukan untuk mengetahui manfaat teh hijau Cina untuk penurunan berat badan. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa peminum teh hijau Cina memiliki kecenderungan yang lebih baik untuk mengalamai penurunan berat badan. Meminum teh hijau Cina dapat memacu tubuh untuk membakar kalori tambahan sebanyak 70 kal per hari, hal yang bagus untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan mereka.

Saat ini, teh hijau Cina banyak tersedia sebagai di toko-toko dan supermarket dan sebagai minuman dan bahan baku produk penurunan berat badan.

Baca juga :







Posting Komentar