Sabtu, 13 September 2014

Manfaat Lidah buaya untuk kulit dan kesehatan

Beberapa manfaat penting dari lidah buaya






Saat ini ada banyak produk lidah buaya yang dijual di pasaran yang digunakan untuk menjaga keindahan tubuh dan kulit. Jika Anda belum tahu tentang berbagai manfaat ajaib dari lidah buaya, Anda dapat membaca beberapa manfaat penting lidah buaya di bawah ini.

Tanaman ini mengandung antiseptik organik, yang mampu menghancurkan jamur, bakteri berbahaya, dan kuman dan virus. Juga berguna untuk pengobatan cedera dan luka bakar, penyakit kulit, semua tipe diabetes, menurunkan kadar lemak dalam darah, gangguan kronis seperti herpes genital, eksim, psoriasis, ketombe, bisul di kulit, lecet, dan sebagainya. Bahkan, menurut para ilmuwan, tanaman ini sebenarnya juga sangat bermanfaat (masih menjadi dugaan) untuk mengobati kanker dan AIDS. Kandungan ajaib dari lidah buaya terlatak pada getah atau gel bening yang terdapat dalam daunnya yang hijau besar.

Berbagai bagian dari tanaman lidah buaya dapat digunakan untuk aplikasi internal dan eksternal. Tetapi jangan lupa untuk memperhatikan dosis yang direkomendasikan dan jangan berlebihan dalam menggunakan tanaman ini.

Aloe Vera atau lidah buaya mengandung lebih dari 200 nutrisi termasuk vitamin, mineral, asam amino, enzim, polisakarida dan asam lemak, dan itulah alasan mengapa lidah buaya telah digunakan untuk berbagai pengobatan. Daun lidah buaya sebagian besar berisi cairan kental, yang berisi sekitar 99% air.

Manusia telah menggunakan lidah buaya untuk perawatan dan pengobatan selama lebih dari 5000 tahun. Manfaat serta efek dari tanaman ajaib ini cukup banyak.

Lima manfaat utama dari lidah buaya antara lain adalah seperti di bawah ini:


manfaat-lidah-buaya
1. Aloe Vera kaya akan vitamin dan mineral. Lidah buaya mengandung banyak vitamin seperti A, C, E, asam folat, kolin, B1, B2, B3 (niacin), B6. Lidah buaya juga merupakan salah satu dari beberapa tanaman yang mengandung vitamin B12. Beberapa jenis mineral yang juga ditemukan dalam lidah buaya antara lain: kalsium, magnesium, seng, kromium, selenium, sodium, besi, kalium, tembaga, mangan.

2. Aloe Vera kaya akan asam amino dan asam lemak. Asam amino adalah protein yang merupakan  zat pembangun bagi tubuh manusia. Ada sekitar 22 jenis asam amino yang penting bagi tubuh manusia dan delapan dari asam amino tersebut sangat diperlukan untuk membangun jaringan tubuh. Asam amino yang ditemukan dalam lidah buaya ada sekitar 18-20 jenis, dan 8 asam amino esensial tersebut termasuk didalamnya. Selain itu juga mengandung asam lemak yang cukup mengesankan.
Lidah buaya juga mengandung tiga jenis pitosterol, yaitu HCL (yang mampu menurunkan lemak darah), Campesterol dan B-Sitosterol. Semua jenis pitosterol tersebut berguna untuk mengurangi berbagai gejala alergi, dan pencernaan yg terganggu. Asam lemak lainnya yang terkandung dalam lidah buaya termasuk linoleat, linolenat, miristat, kaprilat, oleat, palmitat dan stearat.

3. Lidah buaya juga dikenal mampu meningkatkan kemampuan alami tubuh untuk beradaptasi dengan perubahan eksternal dan melawan berbagai penyakit. Juga diyakini mampu menyeimbangkan fungsi tubuh dan merangsang mekanisme pertahanan tubuh, dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengatasi stres (fisik, emosi dan stres dari lingkungan).

4. Lidah buaya membantu sistem pencernaan yang buruk yang berhubungan dengan banyak penyakit usus. Juga diyakini mampu membersihkan sistem pencernaan dan membantu memperbaiki sistem pencernaan. Mgatasi sembelit dan diare dan mengatur fungsi internal tubuh. Hal ini sangat bermanfaat bagi orang-orang dengan masalah seperti sindrom iritasi usus besar.

5. Lidah buaya untuk kulit. Karena khasiat terkenal dari aloe untuk menyembuhkan luka, tak heran jika lidah buaya banyak digunakan sebagai salah satu bahan utama dalam industri kosmetik. Lidah buaya biasa digunakan untuk luka bakar, luka, psoriasis, dan bahkan gigitan serangga. Lidah buaya bertindak sebagai analgesik, yang dapat mengurangi rasa sakit pada luka. Simpan lidah buaya di lemari es dan letakkan di kulit Anda jika Anda terbakar oleh sinar matahari - Mempunyai efek menenangkan langsung, yang akan membuat Anda merasa lebih baik. Biasanya digunakan untuk mengurangi perdarahan karena luka goresan kecil.

Karena kadar airnya yang tinggi (lebih dari 99% air) sehingga bagus untuk melembabkan dan meremajakan kulit Anda secara umum. Lidah buaya buaya telah lama digunakan sebagai pelembut. Ini akan membantu melembutkan dan meremajakan kulit. Membantu dalam transportasi oksigen ke sel-sel kulit, meningkatkan kekuatan jaringan kulit dan meningkatkan aliran darah ke kulit dengan cara dilatasi kapiler.







Posting Komentar