Rabu, 18 Juni 2014

Manfaat mandi air dingin dan air hangat

Apa manfaat mandi air dingin dan apa pula manfaat dari mandi air hangat

Mengapa kita harus mandi 2 kali sehari?




Mandi yang pertama, pagi hari adalah sebagai persiapan anda pergi beraktivitas di luar rumah, agar tubuh dan pikiran terasa segar.. Mandi juga membersihkan tubuh dari kotoran dan sisa-sisa tidur. Nggak enak khan jika kita pergi ke kantor, sekolah, kuliah atau bahkan walaupun hanya di rumah, tanpa mandi pagi?!

Mandi yang kedua adalah sore atau malam hari. Hal ini sangat berguna untuk anda setelah seharian beraktivitas di luar rumah. Dalam sehari anda telah mengumpulkan jutaan kuman di tubuh anda, dari ujung rambut sampai ujung kaki. Mandi di sore atau malam hari akan menghilangkan semua kotoran tersebut sehingga ketika pergi tidur badan anda akan terasa lebih bersih, segar dan sehat.

Untuk ibu rumah tangga, mandi sore atau malam hari juga penting, karena kegiatan seharian di rumah juga melelahkan dan mengeluarkan banyak keringat.
Mandi akan membersihkan tubuh anda dari keringat. Selain itu, suami juga akan merasa senang jika disambut oleh istri yang tampak bersih, segar dan wangi.

Apakah hanya itu manfaat mandi? Ternyata tidak. Masih banyak manfaat mandi bagi kesehatan, baik itu mandi dengan air dingin maupun dengan air hangat.

Beberapa manfaat mandi, baik mandi dengan air dingin maupun mandi dengan air hangat, kami sajikan di bawah ini. Anda bisa memilih sesuai dengan kondisi dan selera anda.

Manfaat mandi air dingin


manfaat-mandi-air-dingin-air-hangat
1. Meningkatkan sirkulasi darah
Menurut situs "Art of Manliness" sirkulasi darah yang lancar untuk kesehatan sistem kardiovaskuler. Kelancaran sirkulasi darah juga mempercepat proses pemulihan setelah ber olah raga atau bekerja berat.
2. Mengurangu depresi
Menurut penelitian oleh "Department of Radiation of Oncology" di Virginia Commonwealth University School of Medicine, mandi dengan air dingin dapat merangsang salah satu bagian otak yang bernama "blue spot" yang merupakan penghasil utama noradrenaline. Senyawa kimia alami tersebut sangat dalam menurunkan tingkat depresi seseorang.
3. Menjaga kesehatan rambut dan kulit
Mandi dengan air panas (bukan hangat) akan membuat kulit dan rambut menjadi kering. Sementara mandi dengan air dingin dapat membuat rambut dan kulit menjadi lebih mengkilap. Hal ini karena pori-pori, saat terkena air dingin akan mengecil sehingga kulit terlihat lebih sehat.
4. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Menurut sebuah riset yang dilakukan ThrombosisResearchInstitute di Inggris, pada mereka yang mempunyai kebiasaan mandi dengan air dingin, terjadi peningkatan sel darah putih, dibandingkan dengan mereka yang biasa mandi dengan air hangat. Para peneliti percaya bahwa hal ini disebabkan oleh reaksi tubuh untuk menghangatkan tubuh, sehingga mengaktivasi sistem kekebalan tubuh dan melepaskan lebih banyak sel darah putih.
5. Meningkatkan energi
Usai mandi air dingin di pagi hari, jantung akan memompa darah ke seluruh tubuh, dan membantu anda menghilangkan sisa kantuk.

Manfaat mandi air hangat


Menurut situs "Live Strong" ada beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari mandi dengan air hangat. Seperti tersebut dibawah ini
1. Meningkatkan sirkulasi darah
Air hangat dapat merawat rasa sakit pada otot dan persendian yang disebabkan oleh arthritis, oto sobek, dan kelelahan. Rasa hangat akan merangsang sirkulasi dan aliran darah.
Pada waktu yang bersamaan, terjadilah pelemasan sendi, tendonn jaringan dan otot. Walaupun tida menyembuhkan secara permanen, lima menit mandi air hangat dapatmengurangi rasa sakit, mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi peradangan.
2. Membersihkan kulit
Pori-pori yang tersumbat dapat menyebabkan blemish dan penumpukan toksin di kulit. Air hangat akan memperlebar lubang pori-pori  dan membuat kotoran lebih mudah untuk dibersihkan. Sebaiknya bilas lagi dengan air dingin setelah mandi agar pori-pori menutup kembali.
3. Pemanasan sebelum latihan
Mandi air hangat pada pagi hari adalah cara efektif untuk memanaskan tubuh sebelum berolah raga pagi. Ketika anda baru bangun di pagi hari, otot-otot biasanya dalam keadaan kaku. Mandi air hangat dapat membantu melemaskan otot dengan melancarkan sirkulasi darah.
4. Menghilangkan rasa pegal di bahu dan leher
Selain pijat, mandi air hangat juga bisa digunakan sebagai cara untuk mengurangi pegal dan kaku dai bahu dan leher. Anda bisa mengguyurkan air hangat pada daerah yang kaku atau pegal selama beberapa menit untuk melemaskan otot dan syaraf yang kaku.
5. Meredakan batuk
Uap dari air hangat dapat mengencerkan dahak, dan dengan demikian lebih mudah untuk dibuang. Menambahkan minyak eukaliptus / kayu putih akan membuat anda lebih lega untuk bernafas.
6. Mengurangi stress dan insomnia
Mandi air hangat adalah penenang alami. Jika anda sedang stres atau mengalami susah tidur, cobalah untuk mandi dengan air hangat untuk menenangkan tubuh, pikiran dan syaraf.








Posting Komentar