Sabtu, 26 April 2014

Berbagai manfaat teh bunga melati

Manfaat dari bunga melati, baik teh maupun minyak bunga melati






Ciri khas yang paling terkenal dari bunga melati adalah aromanya yang khas. Untuk mendapatkan ekstrak 0,99 kg minyak bunga melati murni, diperlukan sekitar 997,898 kg bunga melati segar. Namun demikian, hasil tersebut cukup sebanding dengan manfaat kesehatan yang bisa didapatkan  baik untuk kebugaran maupun untuk kesehatan pikiran, yang cukup memberi alasan yang  meyakinkan bahwa minyak bunga melati memang sangat berharga.

Penjelasan tentang bunga melati


Jasmine atau bunga melati adalah tumbuhan semak berbunga dengan bunga putih atau kuning, asli dari negara-negara Mediterania (meskipun ada sejumlah besar orang yang mengatakan berasal dari India). Semak bunga melati memiliki mahkota bercabang, dengan ranting panjang dan hijau, bunga nya tumpul dan banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias (Jasminum fretticans), atau untuk keperluan industri dan obat-obatan. Bunga-bunganya bisa kecil atau besar, berwarna putih dengan aroma yang menyegarkan yang makin kuat baunya di malam hari.


Jasmine atau bunga melati tumbuh dengan cepat. Ia dapat tumbuh di tempat teduh, tetapi tumbuh lebih baik di area yang cerah dan berangin. Teh bunga melati telah dikenal luas untuk konsumsi sebagaimana teh hijau di peradaban Cina pada waktu musim semi dan musim panas.

teh-bunga-melati
Ekstrak dari minyak bunga melati terkenal sangat mahal. Biaya tinggi ini dijelaskan oleh fakta bahwa,  untuk mendapatkan 0,99 kg ekstrak bunga melati, diperlukan 997.898 kg atau hampir 1000 ton bunga melati segar. Namun demikian, harga tersebut membuat minyak jasmine atau minyak bunga melati tersebut menjadi sesuatu yang sangat berharga. Minyak ini memiliki khasiat untuk menghilangkan stres dan depresi, dan dapat membantu mengembalikan rasa percayaan diri. Jasmine atau minyak bunga melati banyak digunakan dalam industri parfum dan Biotherapy.

Bunga melati segar mengandung minyak eterik dalam jumlah yang tinggi. Selain itu minyak bunga ini juga mengandung asetat benzilic, linalcohol, alkohol benzilic, indol dan Jasmon. Semua zat dalam minyak bunga melati ini memberikan sifat afrodisiak (meningkatkan libido).  Manfaat lain dari bunga melati adalah untuk: memperbaiki pencernaan, membantu dalam mengeliminasi racun dalam tubuh dan menurunkan berat badan. Juga membantu mempercepat proses metabolisme tubuh, meningkatkan sirkulasi darah dan memiliki efek afrodisiak.

Cara penggunaannya


manfaat-teh-bunga-melati
Bagaimana cara memanfaatkan bunga melati? Cara yang paling sederhana adalah membuatnya sebagai minuman seperti teh. Cara lainnya: dicelupkan ke dalam minyak atau alkohol. Teh bunga melati dapat digunakan untuk mengatasi sakit kepala, batuk dan rasa sakit karena rematik. Dalam bidang aromaterapi, minyak melati digunakan untuk semua jenis nyeri pada tubuh. Minyak ini juga baik untuk kasus-kasus kelahiran, seperti rasa sakit sebelum atau setelah melahirkan. Bahkan lebih dari, minyak ini juga mempunyai sifat antiseptik yang kuat, sedative dan tonik yang sangat direkomendasikan untuk sesak nafas, batuk dan kelemahan saraf. Dapat juga digunakan untuk semua penyakit kulit.

Teh bunga melati


Teh bunga melati dikenal oleh mayoritas ahli gizi sebagai zat aditif dalam menurunkan berat badan. Teh melati memiliki sifat tonik, seperti teh hijau, tetapi memiliki sifat menenangkan dan dapat mengatur aliran dan volume darah. Rasa secangkir teh melati yang manis dan dikombinasikan dengan teh hijau akan memberikan sifat tonik yang kuat.
Tentu saja hal ini bisa menjadi aphrodisiac yang paling kuat, selain membantu tubuh untuk rileks dan mendapatkan kembali kekuatan tubuh akibat stres fisik dan  beban mental.

Minyak bunga melati


Para ahli aromaterapi menggunakan minyak melati yang dikombinasi dengan minyak  kenanga. Campuran ini sangat untuk mendapatkan kembali pikiran dan tubuh yang sehat.

Perhatian


Tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi teh bunga melati dalam jumlah besar, terutama selama masa kehamilan. Juga tidak dianjurkan mengkonsumsi teh melati dalam keadaan perut kosong, untuk mencegah keasaman yang tinggi pada saluran pencernaan, khususnya dalam lambung. Dan dianjurkan untuk mengkonsumsinya sebelum jam 17:00, dan setelah jam tersebut jangan lagi meminumnya. Hal ini untuk mencegah insomnia / susah tidur.






Posting Komentar