Rabu, 05 Maret 2014

Manfaat minyak kelapa sebagai suplemen diet


Suplemen minyak kelapa


manfaat-minyak-kelapa
Minyak kelapa adalah salah satu dari beberapa jenis minyak yang mengandung "lemak baik," menurut Dr Weston Price. Ia adalah seorang dokter gigi yang berkeliling dunia menemukan manfaat dari minyak yang dikonsumsi oleh orang-orang dari Kepulauan Pasifik. Lemak esensial seperti minyak ikan, adalah jenis lemak yang harus dalam makanan kita. Meskipun minyak kelapa tidak dianggap sebagai lemak yang diperlukan, namun minyak ini mengandung lemak jenuh yang kuat dengan banyak manfaat. Suplemen minyak kelapa dapat meningkatkan kekebalan tubuh, membantu melawan penyakit dan membantu proses pencernaan makanan.

Mengapa suplemen minyak kelapa bermanfaat?


Minyak kelapa mengandung tiga macam asam lemak esensial, yang mampu mencegah penyakit. Dantaranya adalah asam laurat, asam kaprilat dan asam kaprat. Lima puluh persen dari asam lemak yang ditemukan dalam minyak kelapa adalah asam laurat, menurut coconutoil.com. Di dalam tubuh, asam laurat akan diubah menjadi monolaurin, yang bertugas melawan virus dan bakteri.

 
Menurut Dr John K. Kabara, seorang peneliti lipid University of Michigan, yang menulis buku "Lemak baik untuk Anda dan rahasia lainnya", ditemukan dalam hubungannya dengan Centers for Disease Control bahwa asam lemak, termasuk laurat dan kaprat, memiliki dampak negatif terhadap beberapa jenis mikroorganisme dalam tubuh kita.

Lemak jenuh dalam minyak kelapa disebut sebagai trigliserida rantai menengah, yang berarti bahwa rantai lemak jenuh yang lebih pendek dibandingkan dibandingkan lemak hewan. Lemak rantai menengah beraksi dalam tubuh dengan cara yang positif. Trigliserida rantai menengah dimetabolisme dengan cepat dan tidak disimpan sebagai lemak, membantu dalam proses pencernaan dengan menyeimbangkan bakteri dalam usus. Menurut Dr Weston Price, monolaurin juga menghambat penyumbatan arteri, sehingga membantu mencegah penyakit jantung.

Pilih suplemen minyak kelapa dalam bentuk kapsul atau minyak beneran?


Ada keuntungan mengambil minyak kelapa langsung dari botol. Tapi minyak tersebut memiliki rasa yang spesifik dan dapat memberi rasa tidak nyaman. Tapi suplemen tidak memiliki rasa, tidak seperti beberapa suplemen minyak. Selain itu, kapsul dapat dibawa dengan mudah dan memakan ruang yang sangat sedikit. Kapsul nyaman ketika anda dalam perjalanan dibandingkan dengan minyak dalam botol kaca yang terlalu besar, merepotkan  dan bisa mengeras ketika dingin.

Pertimbangan diet


Dosis harus dipantau secara seksama. Dianjurkan untuk memulai dengan jumlah kecil.

Menurut Udo Erasmus, penulis buku "Lemak yang menyembuhkan, lemak yang membunuh", sumber energi yang cepat dan baik untuk atlet adalah satu sendok makan minyak kelapa. Lebih dari itu bisa mengganggu lambung. Untuk kesehatan yang optimal, ia merekomendasikan 10 gram per hari. Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam mencari suplemen minyak kelapa. Kapsul harus bebas dari aditif dan pelumas. Suplemen dalam bentuk kapsul dengan label organik dan diserap dengan mudah mungkin bisa memastikan kualitasnya. Hal yang juga berguna adalah dengan mengetahui sumber dan proses produksi minyak tersebut.


Tidak ada komentar :