Jumat, 20 Desember 2013

Berbagai manfaat kesehatan dari bawang merah



Nilai gizi bawang merah

manfaat-kesehatan-dari-bawang-merah.jpg
Bawang merah adalah bahan makanan yang tak terpisahkan dari kehidupan kita dan hampir selalu ada di lemari dapur kita, karena cocok untuk hampir semua hidangan kegemaran kita. Ia memiliki rasa yang kuat, aroma yang khas dan dianggap sebagai salah satu bahan yang paling penting untuk sajian makanan pada banyak bangsa.
Bawang merah telah digunakan selama ribuan tahun dan masih tetap populer seperti hingga sekarang. Bawang merah termasuk dalam keluarga bunga lili dan merupakan kerabat dekat dari bawang putih. Beberapa nama lainnya adalah "raja sayuran" karena rasa pedas nya.
Bawang merah adalah sayuran yang ditanam di hampir semua negara di dunia dan dikonsumsi di seluruh dunia. Kebanyakan orang menggunakannya untuk keperluan memasak. Selain memberikan rasa sedap untuk setiap hidangan, bawang merah ternyata juga mempunyai sejumlah manfaat bagi kesehatan bagi orang yang mengkonsumsinya. Bahkan, bawang merah meiliki khasiat penyembuhan, antibakteri dan antijamur. The http://www.lifemojo.com, mengumpulkan beberapa manfaat dari nya.

Efektif dalam mengurangi kadar gula darah

Semakin tinggi konsumsi bawang merah, semakin rendah tingkat glukosa darah yang ditemukan dalam darah seperti yang ditemukan dalam beberapa survei. Data eksperimental dan klinis menunjukkan bahwa beberapa bahan yang terkandung dalam bawang merah, dapat mengurangi kadar gula dalam darah dan meningkatkan jumlah insulin bebas. Dan ini memiliki efek dalam mengurangi kadar gula darah. 

 


Memiliki manfaat kardiovaskular

Konsumsi bawang merah dan bawang putih secara teratur telah terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi, membantu mencegah aterosklerosis dan penyakit jantung, diabetes dan mengurangi risiko serangan jantung. Efek menguntungkan ini kemungkinan karena kandungan sulfat dalam bawang merah , kromium dan vitamin B6, yang membantu mencegah penyakit jantung dengan mengurangi kadar homosistein, yaitu faktor risiko yang utama dalam  serangan jantung dan stroke.

Bermanfaat untuk kesehatan pencernaan

Konsumsi rutin bawang merah, setidaknya dua kali atau lebih dalam seminggu berhubungan erat dalam mengurangi risiko terkena kanker usus besar dan rektum. Bawang merah mengandung flavonoid dalam jumlah yang besar , dan yang paling menonjol adalah quercetin, yang telah terbukti  dapat menghentikan pertumbuhan tumor pada hewan dan melindungi sel usus besar dari efek merusak yang ditimbulkan oleh beberapa jenis zat karsinogenik

Melawan Kolera

Bawang merah adalah obat yang efektif untuk kolera. Sekitar 30 gram bawang merah dan tujuh lada hitam yang dihaluskan, cukup untuk meringankan penderitaan pasien dengan kolera. Melawan haus dan gelisah dan membuat pasien merasa lebih baik. Juga mengurangi frekuensi muntah dan diare dengan cepat.

Mengobati kerontokan rambut

Sebuah studi menunjukkan bahwa penggunaan "jus" bawang merah langsung ke kulit kepala dua kali seminggu selama dua bulan, dapat memperkuat rambut dan membantu dalam menumbuhkan kembali rambut yang sudah terlanjur rontok. Jauh lebih murah daripada tonik rambut komersial.

Untuk perawatan kulit

Bawang merah sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit dan merangsang sirkulasi darah di selaput lendir. Dalam beberapa kasus ia bahkan dapat menghilangkan kutil jika Anda menggosokkan bawang merah ke kutil tersebut. Dengan cara dipanggang atau dimasak, bawang dapat dibalurkan sebagai tapal pada memar dan luka untuk penyembuhan yang lebih cepat. Jus bawang merah yang dicampur dengan minyak zaitun atau madu, diyakini merupakan salah satu cara pengobatan terbaik untuk jerawat.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Susu bukanlah satu-satunya makanan / minuman yang dapat meningkatkan kesehatan tulang. Bawang merah juga mampu membantu menjaga kesehatan tulang dan sangat bermanfaat bagi wanita yang mengalami peningkatan risiko terhadap osteoporosis saat mereka menopause.
Memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri
Adanya beberapa zat anti-inflamasi dalam bawang merah, membuatnya menjadi sangat berguna untuk mengurangi keparahan gejala yang berhubungan dengan penyakit inflamasi seperti rheumatoid arthritis, reaksi inflamasi, alergi, asma dan gangguan pernapasan yang terkait dengan pilek.

Ini mencegah penyakit pada gigi dan gusi
Survei terbaru dari dokter Rusia mengkonfirmasi sifat bakterisida dalam bawang merah. Menurut temuan ini, jika seseorang mengkonsumsi bawang mentah setiap hari dengan cara mengunyah juga melindungi gigi dari berbagai penyakit yang berhubungan dengan kebersihan mulut yang buruk.
Memperbaiki kehidupan seksual
Bawang merah memiliki khasiat untuk memperbaiki kehidupan seks yang sehat. Satu sendok makan jus bawang merah dengan satu sendok makan jus jahe, tiga kali sehari, dapat meningkatkan libido dan gairah seks.

Mengobati gangguan pada kandung kemih
Bagi mereka yang mengalami rasa terbakar saat buang air kecil, bawang merah dapat memberikan bantuan yang signifikan. Pasien harus minum air yang direbus dengan 6-7 gram bawang merah.


Mencegah pembekuan darah
Bawang merah dianggap agen antikoagulan alami. Sulfur yang terkandung di dalamnya, dapat menekan agregasi platelet, sehingga dapat mencegah pembekuan darah.
Semakin kuat rasa pedas dan bau dalam bawang merah, semakin tinggi konsentrasi fitokimia yang sehat yang terkandung di dalamnya. Tidak ada efek samping, selain bau yang kurang sedap dari tubuh kita setelah mengkonsumsinya. Namun, untuk menghindari kondisi yang tidak menyenangkan tersebut,  ketika Anda berada di sekitar orang lain, mengkonsumsi bawang merah jumlah yang tidak terlalu banyak setiap hari, cukup untuk membuat anda tetap sehat.







Posting Komentar