Selasa, 03 Desember 2013

Bagaimana cara mengenali plastik hasil daur ulang


Pengkodean plastik hasil daur ulang


 


Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengidentifikasi berbagai jenis plastik dan kemasan. Beberapa jenis produk plastik mencantumkan nomor: yaitu kode identifikasi yang dicetak atau dicap pada paket kemasan. Sistem pengkodean ini dikembangkan pada tahun 1988 di Amerika Serikat oleh industri plastik untuk memfasilitasi daur ulang plastik.  Kode tersebut menunjukkan tujuh jenis plastik berdasarkan bahan dasar dari pembuatan plastik dari setiap jenis produk plastik dan standar yang digunakan dalam pembuatannya.



Kategori daur ulang plastik dirangkum dalam tabel berikut:




Symbol 1
Nama kode : PET   
Jenis  bahan : Terephthalate polyester (polyethylene terephthalate)  
Contoh penggunaan : Botol minuman dan wadah makanan untuk oven. Sisa-sisa PET digunakan untuk jaket, kantong tidur, bantal, jok dan karpet.




Symbol 2
Nama kode : HDPE   
Jenis  bahan : Polyethylene dengan kepadatan tinggi (High density Polyethylene )
Contoh penggunaan : Botol susu, deterjen untuk piring, furnitur taman, vas, mainan, dll



Symbol 3
Nama kode : PVC
Jenis  bahan : Polyvinil Chloride
Contoh penggunaan : Nampan makanan, film transparan, botol air mineral dan shampo, cd musik, gantungan baju, ubin, dll



Symbol 4
Nama kode : LDPE  
Jenis  bahan : Low density polyethylene  
Contoh penggunaan : Tas belanja dan kantong sampah




Symbol 5
Nama kode : PP  
Jenis  bahan : Polypropylene   
Contoh penggunaan : Wadah margarin dan nampan makanan untuk microwave




Symbol 6
Nama kode : PS  
Jenis  bahan : Polystyrene  
Contoh penggunaan : Nampan untuk yogurt, kemasan daging atau ikan, kemasan untuk hamburger, cangkir, gelas plastik untuk mesin pembuat kopi, sendok garpu plastik, kemasan pelindung untuk barang elektronik dan mainan.


Symbol 7
Nama kode : Yang lainnya  
Jenis  bahan : Jenis plastik lain yang tidak termasuk dalam salah satu  
Contoh penggunaan : Berbagai penggunaan lain selain kategori di atas (seperti akrilonitril, butadiena, stirena ABS, dll)



Dimana kita dapat menemukan symbol-symbol tersebut:

Semua produk plastik hasil daur ulang yang menampilkan simbol daur ulang khusus menunjukkan jenis resin. Simbol-simbol dan sistem pengkodean yang relevan ini diperkenalkan pada tahun 1988 oleh International Association of Plastik Industri SPI (Society of the Plastics Industry). Untuk menemukan simbol tersebut, lihat di bagian bawah wadah atau botol dan cari simbol plastik dengan tiga anak panah dan angka di tengah segitiga tersebut. Jika tidak ada pada kemasan, lihat di bagian bawah atau bagian dalam benda plastik tersebut.

Variasi symbol

Simbol plastik daur ulang, bisa juga ditulis dalam berbagai variasi misalnya dalam bentuk kode sandi dari resin plastik atau bentuk segitiga anak panah. Contoh, simbol untuk plastik daur ulang jenis LDPE bisa jadi dimunculkan dalam salah satu gambar seperti berikut:

 
 
 







Produk plastik yang telah didaur ulang

Awalan R mengindikasikan bahwa produk tersebut dibuat dari bahan baku yang diregenerasi, dari produk lain yang sudah didaur ulang. Beberapa contoh simbol dalam kategori ini adalah sebagai berikut:
 
 







Posting Komentar