Rabu, 20 Juni 2012

Alergi Dan Alergen

Mengenal Alergi Dan Alergen



Apakah Anda memiliki alergi? Apakah Anda pernah merasa kepala Anda seperti akan meledak

tiba-tiba atau kulit Anda panas karena gatal yang tanpa sebab yang jelas ? Memang, alergi dapat membuat Anda merasa tidak nyaman. Namun demikian, apa yang Anda tahu tentang alergi? Bagaimana alergi menyerang anda? Apakah penyebab dari alergi? Siapa yang rentan terhadap alergi? Darimana alergen berasal?

Mungkin ada ribuan pertanyaan yang tersirat dalam pikiran Anda. Dan  Anda perlu banyak waktu untuk menemukan jawaban atas pertanyaan ini, dan juga tentang reaksi tubuh ini. Anda hanya perlu untuk memahami bahwa tidak semua orang memiliki alergi terhadap zat yang sama. Ada orang yang memiliki alergi terhadap zat asing tertentu, sementara orang lain tidak mendapatkan alergi pada zat asing tersebut.

Artikel di bawah ini akan memberi Anda lebih banyak pengetahuan tentang penyebab alergi dan efek yang ditimbulkannya. bagi tubuh.


Mengenal lebih jauh tentang Alergen


alergi-dan-alergen
Secara umum, alergen berada di semua tempat. Mereka bisa berbentuk tungau debu, serbuk sari, rumput, makanan, bulu hewan peliharaan dan masih banyak lagi. Alergen dikenal sebagai jenis-jenis khusus dari antigen yang dapat memicu reaksi alergi. Secara teknis, tubuh kita  dilindungi oleh sistem kekebalan tubuh. Dan jika sistem imun mendeteksi adanya zat asing yang masuk, maka beberapa bagian dari sistem kekebalan tubuh akan diaktifkan, dan kemudian akan menghasilkan antibodi untuk memerangi zat asing. Inilah yang disebut reaksi alergi dimana tubuh menghasilkan antibody untuk memerangi zat asing yang masuk ke dalam tubuh.

Gejala-gejala alergi sangata tergantung pada tempat masuk dan jumlah alergen yang masuk kedalam tubuh. Alergen terdiri dari berbagai zat kimia sehingga reaksi alergi sangat tergantung pada bagian tubuh yang terkena. Serbagai contoh, serbuk sari yang beterbangan di udara akan menghasilkan pengaruh yang kecil ketika ia mengenai kulit, namun hal ini akan berbeda jika alergen tersebut berupa makanan yang dimakan dan dicerna dalam sistem pencernaan kita. Singkatnya, alergen dapat dicerna seperti dalam kasus alergi makanan, dihirup sebagai dalam kasus serbuk sari di udara dan bulu binatang, mengenai kulit, atau disuntikkan ke dalam tubuh seperti dalam kasus sengatan serangga.

Gejala Alergi
Adalah penting bagi Anda untuk mengetahui gejala alergi sehingga Anda akan menyadari kehadirannya jika Anda menderita alergi tertentu. Pada dasarnya, seseorang dikatakan memiliki alergi jika sistem kekebalan tubuhnya bereaksi terhadap zat yang biasanya tidak berbahaya.

Ada dua jenis alergi yang Anda harus anda ketahui. Yaitu jenis alergi tahunan dan jenis musiman. Jenis tahunan adalah salah satu dari alergi yang dapat terjadi sepanjang tahun, sedangkan tipe musiman hanya terjadi pada waktu-waktu  tertentu saja dalam setahun. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diingat.

Hal-hal tersebut meliputi keharusan untuk menjauhi atau menghindari alergen, termasuk penggunaan beberapa jenis obat tertentu yang biasa menimbulkan reaksi alergi. Gejala yang timbul juga tergantung pada orangnya karena stiap orang memiliki gejala yang berbeda. Hal ini tergantung pada alergen yang memicu reaksi alergi, dan cara tubuh untuk bereaksi terhadap alergen tersebut.

Reaksi yang umum dari alergi bisa ringan sampai parah seperti gatal, sesak nafas, ruam di kulit, shock anafilaksis (pingsan dalam bahasa umum), batuk, bersin, gatal pada hidung dan mata dan tenggorokan, mata berair, konjungtivitis, hidung tersumbat, pembengkakan saluran hidung, dan beberapa lainnya.

Baik orang muda dan tua, mereka  sama-sama dapat menunjukkan gejala alergi, tergantung pada bagaimana sistem kekebalan tubuh mereka bereaksi terhadap zat asing.

Artikel lain :




Tidak ada komentar :